Aceh Timur (ANTARA) - Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Jawa Tengah (Jateng) menjadi juara umum perolehan medali cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang dilaksanakan di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Ilyas di Aceh Timur, Kamis, mengatakan Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah memimpin perolehan medali masing-masing dengan tiga emas dan satu perak.

"Hingga pertandingan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut 2023 berakhir, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah mengumpulkan medali, masing-masing tiga emas dan satu perak," kata Ilyas.

Tiga medali emas kontingen Sulawesi Selatan tersebut diraih dari nomor tim regu putra, tim ganda putra, dan tim ganda putri. Sedangkan medali perak diraih dari nomor tim regu putri.

Sementara, Jawa Tengah meraih medali emas dari nomor kuadran putri, serta nomor regu putra dan nomor regu putri. Sedangkan medali perak dari nomor kuadran putra

Tuan rumah Aceh berada di peringkat tiga dengan dua medali emas dan tiga perunggu. Dua medali emas tersebut diraih dari nomor ganda putra dan putri. Sedang tiga perunggu dari nomor tim regu putri, kuadran putri, dan tim ganda putri.

Berikutnya, Jawa Timur dengan perolehan medali satu emas dua perak. Medali emas Jawa Timur diraih dari nomor tim regu putri. Sedangkan dua perak dari nomor tim regu putra dan nomor tim ganda putra.

Gorontalo dengan satu medali emas dari nomor kuadran putra dan medali perak dari nomor regu putra. Sementara, Jawa Barat dengan dua medali perak dari nomor kuadran putri dan nomor regu putri.

Jakarta dengan perolehan medali satu perak dari nomor tim ganda putri, serta dua perunggu dari nomor tim ganda putra dan tim regu putra.

Jambi dengan satu medali perak dari nomor ganda putri serta satu medali perunggu dari nomor regu putri. Serta Riau dengan tiga perunggu dari nomor ganda putra dan tim regu putri, dan nomor regu putri.

Sementara, Provinsi Bali, Banten, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sulawesi Tengah, masing-masing memperoleh satu perunggu.

"Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut sudah menyelesaikan seluruh pertandingan. Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh atlet, ofisial, perangkat pertandingan, serta masyarakat Aceh Timur yang telah menyukseskan pelaksanaan cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut," kata Ilyas.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut memperebutkan 10 medali, lima dari kelompok putra dan lima dari putri. Cabang olahraga tersebut dipertandingkan di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Idi, mulai 7 hingga 19 September 2024.

Ke-10 medali emas tersebut diperebutkan dari lima nomor, putra dan putri, yakni nomor ganda, tim ganda, nomor regu, tim regu, dan kuandran atau empat pemain di lapangan.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mengikutsertakan sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi. Jumlah atlet tersebut belum termasuk dari tuan rumah Aceh dan Sumut.

Baca juga: Sepak takraw - Jateng raih medali emas nomor regu putra

Baca juga: Sepak takraw - Regu putri Jateng rebut emas usai kalahkan Jabar

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024