Deli Serdang (ANTARA) - Ketua Umum (Ketum) KONI Marciano Norman menyatakan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 diagendakan ditutup oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

"Sampai hari ini yang akan menjadi inspektur upacara (Penutupan PON XXI) adalah Menko PMK (Muhadjir Effendy)," kata Marciano ditemui di sela menyaksikan pertandingan jujitsu di ruang Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Kamis.

Marciano menuturkan bahwa pada umumnya, PON biasanya dibuka oleh Presiden dan akan ditutup oleh Wakil Presiden, namun karena adanya kegiatan lain dari Wapres, maka Presiden Jokowi melimpahkan penutupan kepada Menko PMK.

"Memang dalam Pekan Olahraga Nasional yang lain juga pembukaan oleh Bapak Presiden, penutupan oleh Bapak Wakil Presiden tetapi mungkin beliau ada kegiatan lain yang tidak bisa ini, Bapak Presiden melimpahkan kepada Menko PMK untuk menutup acara ini," ujarnya.

Baca juga: PB PON: Stadion Utama Sumut siap digunakan untuk penutupan PON

Dia mengungkapkan bahwa penutupan PON XXI akan dilaksanakan di Sport Center Sumatera Utara pada Jumat (20/9) malam.

"Besok penutupan akan dilaksanakan insya Allah pada malam hari, dan penutupan ini mari kita hadiri dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa PON XXI diikuti oleh 39 kontingen dari 38 provinsi dan satu Ibu Kota Negara (IKN), yang menunjukkan partisipasi luas dari seluruh Indonesia.

Marciano mengajak semua pihak untuk menghadiri upacara penutupan dengan semangat yang tinggi.

Menurutnya, dalam penutupan tersebut media akan menyiarkan secara langsung penutupan PON XXI ke seluruh Indonesia sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Baca juga: PB PON Sumut sediakan loket tiket gratis menonton penutupan PON

Bagi, Marciano PON berhasil menampilkan atlet-atlet yang berjuang untuk daerah masing-masing, membangkitkan kebanggaan nasional yang diharapkan dapat menjadi generasi masa depan olahraga Indonesia.

Ia berharap pula penutupan PON XXI menjadi momen yang menggugah semangat kebanggaan sebagai bangsa yang besar.

"Jadikan upacara penutupan besok adalah upacara penutupan multi event olahraga nasional yang membuat kita semua bangga. Mari kita sama-sama buat Indonesia bangga karena Pekan Olahraga Nasional melahirkan atlet-atlet masa depan kita," kata Marciano.

Baca juga: 1.123 personel gabungan diturunkan jaga penutupan PON
Baca juga: Berkah PON, putri Mie Kangkung Belacan turut ramaikan acara penutupan

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024