Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Para mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) merasa bangga lantaran kampusnya menjadi salah satu lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024, yakni hockey indoor dan outdoor.

Salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed bernama Ahmad Mazerai mengatakan bahwa merupakan sebuah kehormatan kampusnya menjadi area pertandingan PON. 2024.

"Ini tidak hanya memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa, tapi juga meningkatkan reputasi kampus di mata publik" ujar Ahmad di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis.

Di sela-sela kegiatannya dalam menempuh pendidikan, Ahmad sesekali ikut menonton pertandingan olahraga hockey indoor dan futsal, untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada atlet Sumut.

Selain itu, dirinya mengaku futsal menjadi olahraga favoritnya, sehingga ia rela menempuh jarak dari kampusnya ke gelanggang futsal demi menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Baca juga: Lengkap, ini daftar cabor dan venue PON 2024 di Sumatra Utara

Hal senada juga disampaikan Febri Evalentin Day Sinurat. Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut memberikan dukungan terhadap atlet PON Sumut di semua cabang olahraga.

Dia berharap berbagai dukungan yang diberikan masyarakat Sumut bisa membuahkan hasil terbaik kepada para atlet Sumut, termasuk capaian medali emas.

Keterlibatan kampus dalam mendukung para atlet, kata dia, juga diharapkan memberikan dampak positif, tidak hanya untuk acara PON 2024, tetapi juga guna pengembangan olahraga dan prestasi di Sumut pada masa depan.

"Harapan besar seperti ini merupakan motivasi untuk terus mendukung dan bekerja keras bagi suksesnya atlet-atlet Sumut," tutur Febri.

Baca juga: Mengintip kesiapan Sumut sambut PON XXI 2024

PON Aceh-Sumut 2024 diselenggarakan pada 8-20 September, namun sejumlah pertandingan sudah digelar sejak akhir Agustus. Sebanyak 65 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

Pembukaan PON XXI 2024 telah berlangsung pada Senin (9/9) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sementara itu, acara penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (20/9) di Stadion Utama Sport Center Sumut, yang dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Adapun PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah karena melibatkan hampir 13.000 atlet dan 6.000 lebih ofisial. Selain itu, PON kali ini juga menjadi yang pertama dilaksanakan di dua provinsi sebagai tuan rumah.

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024