Medan (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyebutkan esport merupakan bagian penting dari industri game di Indonesia dalam sejumlah aspek.

"Esport sendiri bagian yang penting dari industri game Indonesia, Esport ini kalau kita liat secara eksibisi bisa menjadi peningkatan minat tentunya peningkatan minat makin banyak orang yang main game jadi ajang promosi, " katanya saat menutup cabang esport di Medan International Convention Center (MICC) di Medan, Kamis.

Angela juga mengatakan dari segi aspek kompetisi, esport ini dapat menjadi saluran minat bakat dan prestasi generasi muda Indonesia.

"Kemudian dari sisi aspek ekonomi tentunya esport bisa mendorong game baru lokal yang kita harapkan bisa mendunia seperti game Lokapala, " katanya.

Selain itu menurut Angela Industri game adalah salah satu sektor ekonomi kreatif yang mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia.

"Kalau kita lihat jumlah gamers di Indonesia secara total tahun 2022 saja sudah mencapai 174,1 juta gamers, itu artinya 43% dari total gamers di seluruh Asia Tenggara, ditambah lagi penetrasi internet, smartphone ini terus mendukung pertumbuhan dari industri game kita, " ucapnya.

Baca juga: AGI optimistis pertumbuhan industri gim lokal terus positif

Maka dari itu untuk mendukung semua itu, Pemerintah telah mengesahkan Perpres no 19 tahun 2024 tentang percepatan perkembangan industri game nasional.

"Tujuanya apa? Tujuannya untuk bisa memperkuat ekosistem game nasional melingkupi antara lain pengembangan sumber daya manusia, akses pembiayaan, akses pasar global peningkatan promosi sampai kepada penyediaan infrastruktur teknologi yang kompetitif, " ucapnya.

Menurut Angela juga sekarang dibutuhkan kolaborasi kepada semua stakeholder untuk bisa bekerja sama dalam mengembangkan industri game di Indonesia.

"Sekarang dasar hukumnya telah ada tentu sekarang butuh perlu kolaborasi yang erat lagi dengan stakeholder yang ada dan khusus esport tentu dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan PB ESI dan seluruh atlet yang ada semua kita harus bersama duduk bersama bagaimana caranya mengembangkan industri ini bersama sebagai kebanggaan Indonesia, " jelasnya.

Sementara itu data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada 2021 ada sebanyak 121,7 juta pemain game di Indonesia dan meningkat jadi 174,1 juta di 2022. Diperkirakan pada 2025 mendatang pemain game capai 192,1 juta orang.

Baca juga: Industri gim di Indonesia dinilai berkembang pesat
Baca juga: Menperin: Startup jadi game-changer wujudkan Indonesia Emas 2045

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024