Banda Aceh (ANTARA) - Kontingen Kalimantan Timur Nanang Dwi Wandono sukses memboyong medali emas di nomor durasi cabang olahraga gantole pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Medali perak diraih oleh Ayyas Yahya dari Jawa Tengah, sedangkan perunggu masing-masing diraih oleh Jimmy Leowardy (DKI Jakarta) dan Sisworo (Kalimantan Selatan).

Babak final perlombaan gantole pada PON Aceh-Sumut berlangsung di Bandar Udara Rembele, Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Kamis.

Technical Delegate Cabang Olahraga Gantole PON XXI Arif Eko Wahyudi, di Aceh, Kamis, menjelaskan nomor durasi di masing-masing kelas memiliki lima kali "round" untuk menyelesaikan tugas.

Artinya, dari penyisihan hingga babak final penentuan pemenang, kata dia, atlet harus terbang sebanyak lima kali untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

"Di semifinal kan mempertemukan empat atlet dari empat grup. Mereka dipertemukan 'head to head'. Nah, yang terlama di masing-masing perlombaan juara satu dan dua," katanya.

Yang kalah, kata dia, tidak diperlombakan lagi tetapi langsung mendapatkan masing-masing satu medali perunggu.

"Alhamdulillah (perlombaan, red.) lancar. Cuaca juga mendukung, kondisi angin juga. Ya, kalau pas melebihi batas maksimum, kami 'hold' dulu, nah begitu sudah reda lanjut lagi," kata Arif.

Berdasarkan data, jumlah atlet di nomor durasi kelas A sebanyak 14 orang, sedangkan di kelas B sebanyak 27 orang yang mengikuti babak kualifikasi hingga final.

Sesuai dengan jadwal pertandingan yang telah ditetapkan, nomor durasi digelar mulai 14-18 September 2024, namun tanggal 19 September 2024 masih bisa dipakai sebagai cadangan jika belum rampung.

Cabang olahraga gantole di PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan delapan nomor, yakni ketepatan mendarat (KTM) kelas A dan B, lintas alam atau cross country (XC) kelas A dan B yang sudah diselesaikan oleh para atlet dan telah dilakukan upacara penghormatan pemenang (UPP).

Kemudian, nomor XC beregu kelas A dan B, serta nomor pertandingan durasi kelas A dan B yang baru dimulai pada Sabtu (14/9) lalu.

Cabang olahraga gantole di PON Aceh-Sumut diikuti oleh 43 atlet yang berasal dari 15 provinsi, yakni Aceh, Sumut, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jatim, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.



Baca juga: Gantole - Jatim tambah emas di nomor durasi kelas A

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024