Madrid (ANTARA News) - Barcelona dan Atletico Madrid akan bertemu untuk keenam kalinya musim ini beberapa jam nanti untuk menentukan juara La Liga.

Atletico mengangkangi Barca dengan tiga poin dengan satu laga tersisa malam ini, namun tim Catalan bisa saja merampas gelar juara di kandangnya sendiri di Camp Nou berkat rekor head-to-head yang lebih baik.

Berikut catatan AFP Sports mengenai lima pertemuan sebelumnya kedua klub musim ini:

- Atletico Madrid 1, Barcelona 1 (Piala Super Spanyol, 21 Agustus)
  Atletico tampil pada laga kandang pertamanya musim ini dan langsung unggul pada menit 12 berkat gol David Villa ke bekas klubnya itu.
  Kendati kehilangan Lionel Messi karena cedera, Barca perlahan-lahan meraih kembali kendalinya setelah babak pertama dan menciptakan gol tandang yang vital untuk menyamakan kedudukan ketika Neymar melepaskan sundulan untuk menjadi gol pertamanya bagi Barcelona pada 24 menit menjelang usai.

- Barcelona 0, Atletico Madrid 0 (Piala Super Spanyol, 28 Agustus)
  Barca merebut gelar pertamanya musim ini lewat satu gol tandang, namun harus berterimkasih kepada dua penyelamatan gemilang yang dilakukan Victor Valdes yang menggagalkan upaya gol Arda Turan dan David Villa pada babak pertama.
  Tuan rumah sebenarnya bisa menciptakan gol namun tendangan penalti Lionel Messi menyusul pelanggaran terhadap Pedro, gagal menjadi gol karena membentur tiang gawang.

- Atletico Madrid 0, Barcelona 0 (La Liga, 11 Januari)
  Kedua tim kehilangan lima poin ketika laga masih tersisa 18 pertandingan saat mereka berhadapan di tahun baru dan keduanya puas dengan hasil seri di Vicente Calderon.
  Neymar dan Messi diturunkan sehabis sembuh dari cedera, namun duo Amerika Latin ini gagal membongkar tangguhnya benteng pertahanan Atletico ketika keduanya diturunkan sebagai pemain pengganti.

- Barcelona 1, Atletico Madrid 1 (Leg pertama perempatfinal Liga Champions, 1 April)
  Penampilan luar biasa Barca melawan Atletico musim ini gagal berbuah kemenangan ketika kedua tim berakhir seri pada pertemuan keempat mereka.
  Kedua tim diserang cedera ketika Gerard Pique dan Diego Costa ditarik keluar lapangan, namun Atletico yang malah tampil spektakuler ketika pengganti Costa, Diego Ribas, menciptakan gol dari jarak 30 yard.
  Barca membalas lewat Neymar 15 menit kemudian. Meskipun Barca terus menyerang, mereka tak bisa menjaringkan gol lainnya di mana Thibaut Courtois menciptakan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan Andres Iniesta dan Messi.

- Atletico Madrid 1, Barcelona 0 (leg kedua perempatfinal Liga Champions, 9 April)
  Kebuntuan dalam laga ini akhirnya terpecahkan ketika tendangan voli Koke sudah cukup mengantarkan Los Rojiblancos menang dan menyingkirkan Barca dari Liga Champions sebelum mencapai semifinal yang adalah untuk pertama kalinya terjadi dalam tujuh tahun terakhir.
  Gol bisa saja bertambah andai tendangan Adrian Lopez dan Villa tidak membentur tiang gawang Barca.
  Neymar kembali menjadi ancaman terbesar bagi Barca di tengah mandulnya Messi, namun pada laga ini dia tak bisa menembus gawang Atletico.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014