Banda Aceh (ANTARA) -
Sekretaris Dinas Perhubungan Aceh T. Rizki Fadhil mengatakan puncak kepulangan atlet dan ofisial usai berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 akan terjadi pada Jumat (21/9).
 
Dia menyatakan sistem transportasi yang direncanakan oleh PB PON Wilayah Aceh telah dilaksanakan dengan baik, yaitu melayani para atlet yang bertanding di Aceh Timur dan Aceh Tenggara untuk menuju ke Bandara Kualanamu.
 
“Khusus untuk cabang olahraga yang berada di Aceh Tenggara dan Aceh Timur, kami mengantarkan mereka dari hotel masing-masing setelah menyelesaikan semua administrasi hingga ke Bandara Kualanamu,” ungkap Rizki Fadhil saat konferensi pers di media center Banda Aceh yang dikutip dari situs resmi PON pada Jumat.
 
Sementara itu, bagi atlet dan ofisial dari kabupaten lain, seperti Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Aceh Utara, kepulangan mereka diatur secara bertahap sesuai permintaan.
 
Ada juga kontingen yang telah selesai bertanding, tetapi ingin kembali ke Banda Aceh untuk berjalan-jalan sebelum pulang dan permintaan ini tetap dilayani sesuai kebutuhan.
 
“Para peserta yang ingin pulang menggunakan maskapai Garuda atau Batik Air bisa menyerahkan barang bawaan atau bagasi H-1, sehingga pada hari keberangkatan mereka tidak perlu repot mengurus bagasi lagi,” tambahnya.

Baca juga: Menpora ingin ada penyederhanaan jumlah cabang olahraga di PON
 
Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura selaku pengelola Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), serta maskapai terkait dan meminta penambahan penerbangan.
 
“Hingga saat ini, tercatat 28 penerbangan yang ada di bandara, terdiri dari 14 penerbangan pergi dan 14 penerbangan pulang,” ungkapnya.
 
Selain itu, Dishub Aceh juga berkoordinasi dengan pihak pelabuhan penyeberangan ASDP dan Ekspres Bahari untuk melancarkan kepulangan kontingen.
 
“Kebijakan ini diprioritaskan bagi atlet dan ofisial agar mereka tidak perlu antre terlalu lama di bandara. Jalur khusus juga disiapkan untuk memudahkan mereka,” tutup Rizki Fadhil.

Baca juga: Menpora beri nilai 8,5 untuk pelaksanaan PON Aceh-Sumut
Baca juga: Dirjen IKP: 93 persen pemberitaan PON di media online bernada positif

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024