Deli Serdang (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) mengunci hattrick atau tiga kali juara umum secara berturut-turut, seusai mengamankan posisi pertama dalam klasemen perolehan medali ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Jabar mempertahankan juara umum setelah pertama kali diraih pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dan PON XX Papua 2021.

"Medali terbanyak dalam Pekan Olahraga Nasional ini direbut oleh kontingen Provinsi Jawa Barat," kata Ketua Umum (Ketum) KONI Marciano Norman dalam penutupan PON di Stadion Utama Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang, Jumat malam.

Marciano menyebutkan bahwa sebagai juara umum Pekan Olahraga Nasional, Jawa Barat memperoleh 196 medali emas, 163 medali perak, dan 180 medali perunggu.

"Selanjutnya diikuti oleh DKI Jakarta, lalu Jawa Timur, dan Sumatera Utara pada posisi empat. Selanjutnya Jawa Tengah pada posisi kelima, dan Aceh di posisi keenam," ujarnya.

Klasemen akhir PON Aceh-Sumut baca di sini

Suasana pesta kembang api memeriahkan penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Utama Sumatera Utara, Sumut Sport Centre, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (20/9/2024). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.

Ia juga menuturkan bahwa penyelenggaraan PON sebelumnya dipengaruhi tingkat layanan yang pada awalnya belum maksimal, namun secara berangsur-angsur dapat diatasi dengan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak terkait.

"Secara berangsur-angsur dapat diatasi dengan koordinasi yang sangat kondusif dengan berbagai pihak khususnya PB PON wilayah Aceh dan PB PON wilayah Sumatera Utara," ujar Marciano.

Marciano mengatakan bahwa kegiatan pertandingan yang melibatkan 65 cabang olahraga merupakan terbesar selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pada PON XXI juga menghasilkan beberapa pemecahan rekor baik di POM maupun nasional.

Ia menyebutkan beberapa rekor yang dipecahkan yakni atletik rekor PON 17, rekor nasional delapan; lalu angkat besai rekor PON enam, rekor nasional enam; angkat berat rekor PON empat.

Selanjutnya, renang rekor PON 19 dan rekor nasional satu; panjat tebing rekor PON empat dan rekor nasional dua; selam kolam rekor PON tujuh, rekor nasional tujuh; menembak rekor PON 27, rekor nasional empat; dan ski air rekor PON satu.

Sejumlah kontigen melakukan defile pada upacara penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Utama Sumatera Utara, Sumut Sport Centre, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat, (20/9/2024). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/nz
Sementara itu, menurut laman resmi PON Aceh Sumut 2024, Jumat siang, Jawa Barat tercatat berada di posisi pertama dengan total 538 medali yang terdiri dari 195 emas, 161 perak dan 182 perunggu.

Jabar tercatat unggul 11 medali emas dari DKI Jakarta yang menempati peringkat kedua dengan 184 medali emas, 139 perak dan 144 perunggu dengan total 477 medali.

Kemudian di peringkat ketiga ditempati oleh Jawa Timur yang telah mengumpulkan 424 medali dengan rincian 145 medali emas, 137 perak serta 142 perunggu.

Sementara itu salah satu tuan rumah yaitu Sumatera Utara berada di peringkat empat klasemen sementara dengan total 254 medali setelah mengumpulkan 79 emas, 49 perak dan 116 perunggu.

Selanjutnya di peringkat kelima dihuni oleh Jawa Tengah yang telah mengumpulkan 71 medali emas, 59 perak dan 116 perunggu sedangkan tuan rumah lainnya Aceh berada di posisi keenam dengan 64 emas, 48 perak serta 77 perunggu.

Baca juga: Bey janjikan bonus hingga ratusan juta bagi peraih medali PON XXI

Baca juga: Sinergi seluruh pihak jadi kunci Jabar pertahankan medali emas

Baca juga: Hasil akhir bola voli PON 2024: Jabar dan Jatim amankan medali emas


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024