Deli Serdang (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara berjalan lancar dengan tingginya antusiasme masyarakat.

"Alhamdulillah closing ceremony penutupan PON ini sangat lancar," kata Dito ditemui seusai menghadiri penutupan PON XXI di Stadion Utama Sumatera Utara di Deli Serdang, Jumat malam.

Dito menyebut bahwa acara penutupan ajang empat tahunan tersebut disambut baik oleh masyarakat, khususnya yang berasal dari berbagai penjuru di wilayah Sumatera Utara.

Saat penutupan, kursi tribun Stadion Utama dipadati ribuan warga yang antusiasme menanti penutupan Pekan Olahraga Nasional 2024.

Antusiasme mereka terlihat jelas, ketika mulai memasuki stadion sekitar pukul 16.00 WIB.

Meski beberapa dari mereka harus berdiri dan duduk di lantai kawasan tribun karena kursi di tribun sudah terisi penuh, mereka tetap menanti penutupan ajang bergengsi itu.

Bahkan suasana di setiap pintu masuk cukup padat sehingga pergerakan orang-orang sangat sulit.

Selain itu, banyak rombongan dari setiap provinsi hadir mengenakan pakaian kontingen. Mereka duduk bersama dari masing-masing rombongan.

"Bisa dilihat sendiri bagaimana seluruh kontingen dan tamu undangan secara umum bisa guyub di lapangan menikmati seni budaya, tarian, diakhiri performance oleh Nidji dan saya rasa tadi atlet sangat bahagia," ujar Dito.

PON XXI Aceh-Sumut diselenggarakan pada 8-20 September 2024. Sebanyak 65 cabang olahraga dipertandingkan dalam perhelatan di dua wilayah tersebut, yang diisi mulai dari cabang olahraga tradisional hingga modern.

PON tersebut ditutup oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy yang mewakili Presiden Joko Widodo.

"Saya mewakili Pemerintah Republik Indonesia dengan ini PON XXI tahun 2024, dengan ini saya menyatakan ditutup," kata Menko PMK menutup ajang empat tahunan tersebut.

Muhadjir mengaku, menutup ajang tersebut sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo. Ia mewakili Kepala Negara memberikan selamat kepada para atlet yang telah meraih juara.

Dia juga menuturkan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah mengantarkan PON XXI ke pintu gerbang keberhasilan.

Penampilan grup band Nidji menyempurnakan kemeriahan upacara penutupan PON XXI. Sebagai penampil terakhir, Nidji membawakan sejumlah lagu hits mereka seperti "Disco Lazy Time" dan "Arti Sahabat" yang berhasil menggoyang seisi stadion.

Euforia penutupan PON XXI Aceh-Sumut kian semarak dengan pesta kembang api yang menghiasi langit Paris Van Sumatera. Pijar-pijar api yang terbang silih berganti di atas stadion menjadi penutup sempurna pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

Baca juga: Menteri PUPR: Stadion Utama Sumut ditutup seusai PON untuk perampungan

Baca juga: Menko PMK wakili Presiden resmi tutup PON 2024

Baca juga: Jawa Barat "hattrick" juara umum PON 2024


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024