Biak (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor masih melakukan validasi data pemilih sementara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 9 Juli 2014.

Anggota KPU Biak Yohanis Lalihattu di Biak, Senin, mengakui validasi data pemilih pilpres akan melibatkan petugas penyelenggara pemilu tingkat desa/kelurahan.

"KPU berharap validasi data pilpres bisa berlangsung tepat waktu sehingga bisa segera disahkan," ungkap anggota KPU Yohanis.

Ia mengakui, pada data pemilu legislatif 9 April 2014 masih ditemukan data pemilih yang perlu diperbaiki karena berbagai masalah.

Diantara masalah data pemilih pemilu yakni adanya warga yang belum terdaftar, pencantuman data pemilih di satu tempat pemungutan suara tetapi orang bersangkutan telah pindah alamat.

"Ada juga warga terdaftar sebagai pemilih namun orangnya telah meninggal dunia, warga yang mutasi tugas ke daerah lain serta pemilih pemula berusia 17 tahun serta pensiunan TNI/Polri," ujarnya.

Ia berharap dengan dilakukan validasi data pilpres diharapkan bisa diperoleh jumlah pemilih yang akurat untuk dipergunakan dalam pilpres 9 Juli 2014.

Berdasarkan data pemilu legislatif 9 April 2014 jumlah pemilih tetap Kabupaten Biak Numfor sebanyak 93.825 pemilih tersebar di 378 tempat pemungutan suara dan 19 panitia pemilihan distrik. (M039)

Pewarta: Muhsidin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014