Jakarta (ANTARA News) - Partai-partai pengusung calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, yakni PDIP, NasDem, PKB dan Hanura akan menyiapkan juru kampanye untuk memenangkan pasangan calon tersebut dalam Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

"Tolong masing-masing partai mempersiapkan jurkam masing-masing 25 orang. Kita perlu siapkan lebih kurang 100 jurkam dari partai, 25 relawan, 25 dari simpatisan," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo pada awal Rapat Tim Pemenangan Gabungan Jokowi-JK di Kantor DPP Nasdem, Rabu.

Menurut dia, tim itu nanti akan bekerja baik dalam kampanye rapat terbuka maupun tertutup.

Tjahjo menegaskan, masing-masing pimpinan partai untuk menginstruksikan atau menggerakkan seluruh calon anggota legislatifnya.

Menurut dia, denga sisa waktu masa kampanye tak memungkinkan pasangan capres cawapres Jokowi-JK mengelilingi 527 kabupaten kota di Indonesia.

Oleh karena itu, partai pengusung akan membagi-bagi wilayah yang akan dikunjungi Jokowi, JK, maupun para Ketua Umum yakni Megawati Soekarnoputri (PDIP), Surya Paloh (Nasdem), Wiranto (Hanura) dan Muhaimin Iskandar (PKB).

"Akan dibagi habis," ujarnya seraya menyebutkan, pasangan Jokowi-JK akan menjalani tes kesehatan esok Kamis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

"Agenda setelah deklarasi dan pendaftaran di KPU (Komisi Pemilihan Umum), capres dan cawapres (Jokowi - JK) besok akan melakukan tes kesehatan," katanya.

KPU menjadwalkan pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres pada 19-23 Mei 2014. Pasangan Jokowi - JK beberapa saat lalu setelah mendaftar mengajukan permintaan menunda tes kesehatan, namun KPU meminta penundaan tak berlangsung lama.

Tjahjo melanjutkan, besok visi misi yang diisi oleh Jokowi - JK akan dikirimkan. Tjahjo pun meminta partai pengusung juga memberikan tambahan atau masukan terhadap visi misi tersebut.

"Besok sekjen partai, kami kirimi visi misi Pak Jokowi-JK. Nanti, ditambah masing-masing partai," kata Tjahjo.

Di tempat sama, Sekjen PKB Imam Nahrowi mengaku sudah mempersiapkan tim berisi 100 orang dari DPP PKB untuk turun lapangan guna memenangkan pasangan usungan mereka.

"Kita pastikan satu juta suara PKB pada pilpres nanti. Semua siap dibawah tim pemenangan Jokowi-JK," kata dia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014