Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto memperoleh tambahan poin enam, setelah berhasil menempati posisi ketujuh pada seri ketiga lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Monte Carlo, Monaco, Jumat waktu setempat.

Humas Tim EQ8 Caterham Racing Victoria Lloyd dalam surat elektroniknya yang diterima Antara di Semarang, Jateng, pada race pertama atau feature race yang menempuh 40 kali putaran ini Rio Haryanto masuk garis finis dengan catatan waktu 1:38.39.911.

Dengan tambahan enam poin ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, kini sudah mengumpulkan 16 poin dan menempati peringkat ke-10 klasemen sementara. Sebelumnya pada seri kedua di Barcelona, Rio Haryanto mendapat poin pertama sebanyak 10 setelah menempati posisi kelima.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto, Alexander Rossi dari Amerika Serikat menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:39.00.359. Posisi pertama atau pebalap yang naik podium pada race pertama ini adalah J Palmer dari tim DAMS dengan catatan waktu 1:38.31.193 disusul M Evans dari Russian Time dengan catatan waktu 1:38.31.620, dan ketiga F Nasr dari tim Carlin dengan catatan waktu 1:38.31.846.

Pada race pertama ini, Rio Haryanto menempati posisi star pada urutan ketujuh, sedangkan rekannya Rossi diurutan kesembilan. Pada saat 15 putaran yang tersisa, Rio mengambil kesempatan untuk masuk pit dan menggantinya dengan ban super lembut kemudian masuk dan berada pada posisi ke-10.

Tetapi dengan dua insiden yang ada, akhirnya Rio Haryanto masuk garis finis dengan meraih poin enam dan dengan hasil ini Rio akan menempati baris depan saat tampil pada race kedua atau sprint race Sabtu (24/5) waktu setempat, sedangkan rekannya Rossi menempati posisi ke-16.

Rio Haryanto mengatakan dirinya tidak membuat awal yang sempurna dari grid kelima, tetapi dirinya tahu kalau ini akan menjadi balapan yang pangang dan dirinya tidak hanya ingin berakhir di sana.

"Pada awalnya, saya berjuang sedikit dengan under steer tapi kami mampu membuat beberapa perubahan pada mobil selama bendera merah yang membantu saya untuk paruh kedua balapan," katanya.

"Finis pada urutan ketujuh sangat bagus untuk saya dan pada race kedua besok, saya akan memulai di baris depan grid dan dan ini membuat kesempatan saya untuk menang," katanya.

"Saya juga senang karena telah mencetak enam poin untuk tim pada hari ini karena mereka telah memberi saya mobil yang sangat baik," katanya.

(H015/M008)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014