Janji bonus tetap kami tunaikan, karena bagian dari apresiasi dan insentif kami untuk mendorong agar berprestasi lebih tinggi lagi
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menegaskan mereka tetap memproses bonus bagi atlet berprestasi di PON XXI meskipun raihan peringkat menurun.

“Janji bonus tetap kami tunaikan, karena bagian dari apresiasi dan insentif kami untuk mendorong agar berprestasi lebih tinggi lagi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra di Denpasar, Kamis.

Diketahui pada PON Papua lalu atlet Bali meraih posisi kelima dengan 28 emas, sementara di Aceh dan Sumatera Utara ini justru turun ke peringkat tujuh dengan 36 emas.

Pemprov Bali dan KONI Bali  awalnya menargetkan kenaikan peringkat dan medali menjadi 45 emas dari 549 atlet dari 49 cabang olahraga yang dikirim, namun akhirnya tak dapat terwujud.

Baca juga: Bali raup 36 medali emas jelang penutupan PON XXI

Sekda Bali mengaku tak mempermasalahkan itu, ia justru mengapresiasi usaha para atlet Bali yang mampu menaikkan jumlah medali.

“Perolehan medali tidak meleset, tapi daerah lain juga berupaya untuk maju, sehingga tidak apa-apa ini dinamika, yang juara satu juga bisa turun, ini dinamika saja,” ujarnya.

Dewa Indra belum menyebut nominal bonus bagi atlet berprestasi di PON XXI, namun pemerintah daerah (pemda) telah berkomunikasi dengan KONI Bali melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga.

Ia telah meminta agar dilakukan pendataan, sebab bonus bagi atlet perseorangan dan tim akan berbeda begitu pula dengan prestasi yang didapat.

Baca juga: Kontingen Bali raup 25 medali emas H-3 jelang penutupan PON

“Besarannya itu sangat tergantung pada perolehan medali, perolehan medali pun ada perorangan dan per regu, karena itu saya sudah bicara segara dibahas ini dan Pak Pj Gubernur sudah memberikan arahan segera diakomodir dalam RAPBD 2025,” kata dia.

Selain mengapresiasi prestasi, di tengah gaduhnya kekecewaan atas kurang siapnya lokasi dan persiapan di Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah, Pemprov Bali mengapresiasi atletnya yang tidak manja.

Dewa Indra bercerita bahwa atletnya fokus pada sportivitas tanpa mengeluh, para atlet juga tidak memberikan laporan apapun terkait keluhan di venue.

“Mereka lebih baik bicara prestasi, peluang prestasi karena hal-hal itu (permasalahan di lapangan) biasa saja, karena mengelola satu kegiatan yang sangat besar tersebar tempatnya, atlet kami tidak cengeng,” tuturnya.

Baca juga: Bali berebut medali di lima cabang olahraga PON XXI Wilayah Aceh

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024