Teheran (ANTARA News/IRNA/AFP) - Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani pada Senin mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri India Narendra Modi Damodardas atas kemenangan dalam pemilihan umum belum lama ini.

Presiden Rouhani dalam pesan ucapan selamat kepada Modi menekankan perluasan hubungan habis-habisan antara kedua negara di berbagai bidang.

Narendra Modi Damodardas adalah Perdana Menteri ke-15 Republik India.

Modi anggota dari Partai Bharatiya Janata (BJP) dan menjabat sebagai kepala menteri Gujarat periode 2001-2014.

Modi pada Senin (26/5) berjanji mewujudkan India yang kuat dan menyeluruh setelah dilantik menjadi perdana menteri ke-15 demokrasi terbesar di dunia itu.

Sepuluh hari sesudah partai sayap kanannya merebut suara terbanyak pertama dalam pemilihan umum dalam tiga dasawarsa, pria 63 tahun itu mengambil sumpah jabatan dalam upacara mewah, yang dihadiri para pemimpin negara tetangga India, termasuk Pakistan.

"Saya, Narendra Damodardas Modi, bersumpah atas nama Tuhan bahwa saya akan memikul kepercayaan dan kesetiaan kepada undang-undang dasar India sesuai dengan ketetapan hukum," kata Modi, dalam upacara kenegaraan yang dipimpin Presiden Pranab Mukherjee.

Ia juga mengemukakan, "Saya bersumpah bahwa saya akan menegakkan kedaulatan dan keutuhan India dan saya bersumpah bahwa saya akan setia dan sungguh-sungguh melaksanakan tugas saya sebagai perdana menteri negara ini."

Modi, pemimpin partai sayap kanan Bharatiya Janata Party (BJP), dikenal sebagai nasionalis Hindu garis keras. Namun, dalam pernyataan disiarkan saat ia mengambil sumpah, ia berjanji memerintah untuk seluruh 1,25 miliar orang India.
(Uu.H-AK)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2014