Saitama (ANTARA News) - Bek Atsuto Uchida mencetak gol kemenangan Jepang pada menit ke-43, ketika sang juara Asia dengan susah payah meraih kemenangan 1-0 atas Siprus pada pertandingan pemanasan Piala Dunia terakhir yang dimainkan di kandang sendiri pada Selasa.

Jepang, yang terlihat kelelahan setelah menjalani pemusatan latihan pada pekan lalu, akan menghadapi Pantai Gading pada pertandingan pembuka Piala Dunia mereka di Brazil pada 14 Juni.

Bek kanan Uchida memecah kebuntuan di Saitama ketika ia menyambar bola liar, setelah upaya jarak dekat Shinji Kagawa dapat diblok kiper, sekaligus mencatatkan gol keduanya dari 66 penampilan internasional.

"Rasanya menyenangkan untuk dapat mencetak gol setelah pulih dari cedera," kata Uchida, yang merayakan golnya dengan berlari ke arah bangku pemain cadangan untuk memeluk pelatih Jepang Alberto Zaccheroni.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang tetap mendukung saya, ketika saya cedera."

Dengan tangguhnya pertahanan Siprus, langkah "step-over" cerdik dari Kagawa membawa 58.000 penonton berdiri, namun Keisuke Honda menyia-nyiakan peluang lain pada babak pertama yang berlangsung kurang menarik.

Kagawa dan kapten Makoto Hasebe nyaris mencetak gol ketika Jepang menaikkan tempo permainan setelah turun minum, namun ketajaman mereka tidak memenuhi standar yang diinginkan Zaccheroni sebelum pertandingan.

Jepang, yang juga akan menghadapi Yunani dan Kolombia di Grup C, selanjutnya akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika pada 2 Juni dan Zambia pada 6 Juni di Tampa sebelum terbang ke Brazil.

Jepang lolos dari kualifikasi zona Asia untuk mencatatkan penampilan kelima beruntun di Piala Dunia, finis dengan keunggulan empat angka atas Australia di grup putaran akhir mereka.

"Samurai Biru" mencapai putaran 16 besar pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014