Den Haag (ANTARA News) - Gelandang Belanda Rafael van der Vaart pada Rabu menjadi pemain Belanda ketiga yang dicoret dari tim Piala Dunia karena cedera.

Gelandang Hamburg Van der Vaart, yang telah menorehkan 109 penampilan internasional, mengalami cedera betis kanan di markas latihan Belanda di Portugal.

Setelah dilakukan beberapa pemeriksaan medis, pelatih Belanda Louis van Gaal mengonfirmasi bahwa Van der Vaart akan absen pada putaran final di Brazil, menurut situs resmi majalah Belanda Voetbal International.

Van der Vaart (31) bergabung dengan gelandang AS Roma Kevin Strootman (cedera lutut) dan bek Paris Saint Germain Gregory van der Wiel (cedera pembengkakan tendon) pada daftar pemain yang dicoret karena cedera.

Gelandang Hamburg itu tadinya bertekad menyamai rekor penampilan pemain lapangan yang ditorehkan Frank de Boer (112 penampilan) di Brazil.

Van der Vaart tampil di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, ketika Belanda kalah dari Spanyol di final. Ia juga bermain di putaran final 2006.

Absennya Van der Vaart membuat saat ini hanya ada tujuh anggota dari tim 2010 yang tersisa di tim sementara Van Gaal.

Tersingkirnya Van der Vaart kelihatannya akan membuat Wesley Sneijder masuk dalam tim final yang berisi 23 pemain, meski Van Gaal sebelumnya telah mengutarakan keraguannya mengenai kondisi pengatur permainan Galatasaray itu.

Sneijder dan kapten PSV Eindhoven Georginio Wijnaldum diharapkan dapat bersaing untuk mendapatkan peran "nomor 10" di turnamen.

Belanda menghuni Grup B di Piala Dunia, bersama dengan juara bertahan Spanyol, Chile, dan Australia, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014