Jakarta (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta mengirim 389 orang dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah, pada 2-14 Oktober 2024. 

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono melepas keberangkatan kontingen tersebut di Jakarta, Senin.

Kontingen Provinsi DKI Jakarta yang dikirim ke Solo berjumlah 389 orang, terdiri dari 167 atlet, 90 pelatih dan asisten pelatih serta 132 pendamping (official).

Sekda memberi dorongan moral dan semangat kepada seluruh peserta agar bisa mencapai hasil terbaik sesuai target yang direncanakan.

"Melihat kesiapan seluruh peserta, kita harus yakin bisa menunjukkan penampilan yang terbaik. Perlihatkan daya juang kita dan juga tetap menjunjung sportivitas," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah menjelaskan, dasar hukum pelaksanaan Peparnas ini adalah Surat Keputusan Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Nomor 68 Tahun 2024 tentang Penetapan Tuan Rumah Peparnas Ke-17 tahun 2024 di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. 

Baca juga: Anggota DPRD DKI apresiasi prestasi atlet Jakarta di PON Aceh-Sumut
Baca juga: Rincian bonus atlet DKI Jakarta peraih medali PON dan Peparnas Papua


Maksud dan tujuan kegiatan tersebut yang pertama, memberikan kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi para atlet penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dan berprestasi dalam multicabang olahraga disabilitas tingkat nasional.

Yang kedua, memberikan apresiasi kepada para atlet disabilitas, sekaligus memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Jakarta bahwa seluruh masyarakat hidup dalam kesetaraan.

"Target medali dan peringkat capaian pada Peparnas ke-16 di Papua tahun 2021, kita mendapat 25 emas, 31 perak, 55 perunggu," katanya.

DKI Jakarta memperoleh peringkat keenam saat itu. "Dan untuk tahun 2024 kami menargetkan 28 emas, 31 perak dan 24 perunggu atau masuk dalam 5 besar klasemen perolehan medali," kata Andri.

Kontingen DKI Jakarta akan bertanding dalam 13 cabang olahraga dari 20 cabang yang dipertandingkan, yaitu anggar kursi roda, catur, tenis meja, judo tunanetra, bulutangkis, renang, angkat berat, menembak, panahan, boccia, tenis kursi roda, tenpin bowling dan e-sport.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024