Liverpool (ANTARA News) - Liverpool mendatangkan penyerang Rickie Lambert dari Southampton, kata klub Liga Utama Inggris itu, Senin.

Pemain 32 tahun yang saat ini sedang bersama tim nasional Inggris di Miami untuk menjalani persiapan Piala Dunia, mencetak 13 gol liga untuk "The Saints" musim lalu dengan menduduki peringkat kedelapan, sekaligus mencatatkan rekor poin tertinggi 56 poin.

"Saya tak menyangka. Saya mencintai klub ini seumur hidup saya. Saya meninggalkannya 17 tahun silam - dan sejak itu saya tidak dapat berhenti mencintainya," kata Lambert kepada situs resmi klub (www.liverpoolfc.com).

"Saya selalu memimpikan bermain untuk Liverpool, namun saya kira peluang untuk bermain untuk mereka telah hilang. Saya tidak berpikir peluang itu akan datang."

Tidak ada informasi mengenai biaya transfer namun media Inggris melaporkan bahwa pemain asli Liverpool yang menghabiskan karier juniornya di Anfield sebelum dilepas pada usia 15 tahun itu bernilai sekitar empat juta poundsterling.

Lambert mencetak 114 gol dari 228 penampilan untuk Southampton, dan setelah bermain selama beberapa tahun di liga-liga yang lebih rendah di Inggris, ia membantu The Saints bangkit dari strata ketiga ke Liga Utama Inggris.

Bersama dengan rekan-rekan setimnya ia bersinar di bawah asuhan Mauricio Pochettino, dipanggil masuk masuk timnas Inggris dan mendapat tempat dalam tim Roy Hodgson untuk Piala Dunia.

"Ketika saya tumbuh di sini, hanya ada satu klub yang saya cintai," kata Lambert kepada situs resmi Southampton (www.saintsfc.co.uk).

"Sekarang dapat saya katakan dengan jujur bahwa saya memiliki dua klub yang akan selalu ada dalam hati saya."

"Southampton telah mengizinkan saya untuk mewujudkan ambisi seumur hidup yakni bergabung dengan Liverpool FC dan membawa pulang keluarga saya. Rencana lima tahun ketika saya tiba adalah membawa klub ini dari League 1 ke paruh atas Liga Utama Inggris. Dengan mengatasi semua hambatan, kami telah mencapainya."

Lambert adalah rekrutan pertama Liverpool sejak awal bursa transfer dan runner up Liga Utama Inggris itu akan terus berupaya memperkuat tim menjelang tampil pada Liga Champions musim depan.

Ia akan bersaing dengan Luis Suarez dan Daniel Sturridge, yang total menyumbang 52 gol liga musim lalu, sebagai penyerang utama di Anfield.

"Saya telah mengamati Rickie Lambert selama bertahun-tahun dan ia merupakan salah satu pemain bagus yang mungkin tidak pernah mendapat pengakuan mengenai betapa bagusnya ia sebagai pesepakbola," kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers seperti dikutip Reuters.

(H-RF/A020)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014