Moskow (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia mengatakan serangan udara yang ditujukan pada satu bangunan pemerintah di Kota Ukraina timur, Luhansk, menewaskan setidaknya dua orang adalah kejahatan oleh Kiev terhadap rakyatnya.

"Pihak berwenang di Kiev telah melakukan kejahatan lain terhadap rakyat mereka sendiri," kata satu pernyataan di situs kementerian itu.

"Segala sesuatu yang telah terjadi (adalah) menunjukkan keengganan benar-benar dari pihak berwenang Kiev untuk bergerak ke arah mencari cara demi kesepakatan nasional di negara ini," tambah Kemenlu Rusia.

Kelompok separatis yang mengendalikan Luhansk mengatakan, ledakan-ledakan itu berasal dari serangan udara oleh militer Ukraina, yang pihak Kiev membantahnya.

Rusia menuduh Ukraina melakukan "kejahatan terhadap rakyatnya sendiri" di wilayah timur Luhansk, di mana pertempuran mematikan telah berkecamuk sejak orang-orang bersenjata pro-Rusia menyerang kamp penjaga perbatasan.

"Hari ini, 2 Juni, pihak berwenang Kiev telah melakukan kejahatan baru terhadap rakyat mereka sendiri," kata Kemenlu Rusia dalam satu pernyataan.

Moskow sekali lagi menyerukan Barat untuk membantu mencegah Ukraina bergeser ke arah "bencana nasional".

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014