Amsterdam (ANTARA News) - Pelatih Wales, Chris Coleman, mengatakan bahwa timnya tidak boleh terlalu bergantung terhadap kehadiran Gareth Bale dan Aaron Ramsey.

Kedua pemain bintang itu dipastikan tidak akan tampil kala Wales melakoni laga persahabatan melawan Belanda di Amsterdam Arena, Rabu.

Meski tampil tanpa keduanya, Coleman meyakini bahwa timnya justru bisa mengambil keuntungan dari pengalaman laga tersebut sebagai bekal menghadapi kualifikasi Piala Eropa 2016.

"Kami memiliki 10 laga kualifikasi dan selalu ada kemungkinan mereka (Bale dan Ramsey) tidak bugar dalam satu atau dua laga sehingga kami harus beradaptasi dengan hal tersebut," kata Coleman sebagaimana dilansir BBC, Rabu.

Bintang Real Madrid berusia 24 tahun, Bale, tengah mengalami masalah dengan otot kakinya dalam beberapa pekan, sementara pemain berusia 23 tahun yang mengantarkan Arsenal meraih Piala FA, Ramsey, harus diistirahatkan.

"Kehilangan mereka tentu sesuatu yang tidak  diinginkan oleh tim manapun di dunia, sebab mereka pemain yang berkualitas dan anda akan selalu menginginkan kehadirannya di tim anda, tetapi memang tidak mungkin kali ini," kata Coleman.

"Kami menghadapi Belgia dengan kehilangan 15 pemain dan mendapatkan performa yang sangat baik (imbang 1-1 Oktober 2013 lalu) dari pemain-pemain yang berangkat bersama kami."

"Hal itu yang kami butuhkan, siapapun yang ada di tim. Kalau kami harus bermain tanpa Gareth Bale dan Aaron Ramsey, maka kami hanya harus menghadapi ini dan melakukan pekerjaan kami."

"Kami menghadapi tim kelas dunia dan itulah yang akan kami lakukan," ujarnya.

Selain Bale dan Ramsey, sejumlah pemain senior juga tidak turut mengikuti perjalanan ke Belanda, termasuk pasangan pemain belakang Swansea, Ashley Williams dan Ben Davies, serta bek tengah West Ham United James Collins.

Hal itu memberi kesempatan pada pasangan pemain bertahan Hull City dan Newcastle United, yakni James Chester dan Paul Dummett, mendapatkan debut mereka bersama tim nasional Wales.

Pemain lain yang berkesempatan melakoni debut adalah pemain muda Manchester United berusia 20 tahun, Tom Lawrence, yang mendapat sorotan pada bulan lalu berkat kesempatan kejutan diturunkan di laga Liga Inggris melawan Hull di Old Trafford oleh pelatih sementara, Ryan Giggs.

Ketidakhadiran Bale, kapten reguler Williams dan mantan kapten Ramsey, gelandang Liverpool Joe Allen akan mengemban ban kapten tersebut.

Talenda muda Manchester City, Emyr Huws, yang sempat tampil untuk Wales melawan Islandia pada Maret lalu, berkesempatan membuktikan kemampuannya lagi.

Sementara sejumlah pemain muda juga turut berkesempatan tampil seperti bek Cardiff John Declan (18), gelandang Crystal Palace Jonathan William (20) dan gelandang Fulham George Williams (18).

Pertandingan melawan Wales, bagi Belanda merupakan laga persahabatan terakhir sebelum mereka bertolak ke Brasil mengikuti Piala Dunia 2014.

Berikut skuad lengkap yang dibawa Wales ke Belanda sebagaimana dilansir dari laman BBC.

Penjaga Gawang: Wayne Hennessey (Crystal Palace), Connor Roberts (tidak memiliki klub), Owain Fon Williams (Tranmere Rovers)

Bek: Chris Gunter (Reading), James Chester (Hull City), Paul Dummett (Newcastle United), Danny Gabbidon (Crystal Palace), Declan John (Cardiff City), Lewin Nyatanga (Barnsley), Ashley Richards (Swansea City), Neil Taylor (Swansea City)

Gelandang: Joe Allen (Liverpool), Emyr Huws (Manchester City), Owain Tudur Jones (Hibernian), Andy King (Leicester City), Tom Lawrence (Manchester United), Joe Ledley (Crystal Palace), David Vaughan (Sunderland), Jonathan Williams (Crystal Palace)

Penyerang: Simon Church (Charlton Athletic), Jermaine Easter (Millwall), Hal Robson-Kanu (Reading), George Williams (Fulham).

Penerjemah:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2014