Jakarta (ANTARA News) - Kebiasaan dan rutinitas dapat membantu seseorang untuk mencapai potensi kreatifitasnya mengalir ketimbang mendapatkan inspirasi, khususnya bagi orang yang bekerja penuh (full time) yang terkadang sulit untuk menjaga kreatifitas saat mencoba bertahan.

Bukan merupakan hal yang mengejutkan, jika praktik dapat membuat sesuatu menjadi sempurna, atau suatu rutinitas yang menjadi kebiasaan dapat membantu menggapai keseluruhan potensi yang kita miliki.

Rutinitas yang secara perlahan berubah menjadi kebiasaan, dapat menjaga kreatifitas Anda tetap mengalir. Hal ini seperti yang pernah dikatakan seorang komposer asal Rusia, Pyotr Ilyich Tchaikovsky pada 1878.

"Kita harus selalu bekerja, dan seorang seniman yang menghargai dirinya sendiri tidak melipat tangannya dengan dalih sedang tidak mood. Jika hanya menunggu datangnya mood, tanpa berusaha, kita dapat dengan mudah menjadi malas dan apatis. Kita harus percaya, inspirasi akan datang pada orang yang mampu melawan rasa enggan," kata Tchaikovsky seperti dilansir Medical Daily.

Di samping melakukan sesuatu secara rutin, keluar sejenak dari pekerjaan Anda dapat membantu inspirasi mengalir lebih mudah. Beberapa studi telah membuktikan hal ini dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan Anda.

Berapapun lama waktu yang dibutuhkan, 15 menit ataupun hingga delapan jam, menciptakan kebiasaan kreatif setiap hari adalah cara yang Anda perlukan.

(*)

Penerjemah:
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014