Solo (ANTARA) - Ketua Pelaksana Peparnas XVII 2024, D.B. Susanto mengatakan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 memberi semangat lebih baik bagi para atlet.

"kehadiran Presiden untuk membuka Peparnas bisa memberikan semangat lebih, baik bagi para atlet dan ofisial, maupun para panitia pelaksana. Informasi yang kami dapat sementara ini, beliau rencananya akan hadir secara langsung," kata D.B. Susanto dalam keterangan resmi, Jumat.

Peparnas rencananya akan diselenggarakan mulai 6 hingga 13 Oktober mendatang di Solo, Jawa Tengah. Dijadwalkan pembukaan akan berlangsung pada 6 Oktober yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Pada edisi ke-18 kali ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga diantaranya merupakan cabang olahraga unggulan termasuk atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, judo, angkat berat, dan basket kursi roda.

Kota Solo kembali terpilih sebagai tuan rumah usai sebelumnya Sumatera Utara ditarik statusnya sebagai tuan rumah usai venue dan arena pertandingan dinyatakan kurang siap.

Baca juga: Presiden Jokowi direncanakan buka Peparnas 2024

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengatakan bahwa Solo dipilih karena kesiapan kotanya terutama dalam hal penyediaan venue dan penginapan yang ramah disabilitas. Kota Solo juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022, sehingga infrastruktur dan fasilitasnya sudah memenuhi standar.

Selain itu, pemilihan Solo juga berdasarkan masukan dari National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, yang menyatakan bahwa seluruh venue dan peralatan pertandingan tersedia lengkap di kota ini.

Venue pertandingan tersebar di berbagai lokasi di Solo dan sekitarnya, seperti Stadion Sriwedari untuk atletik, Edutorium UMS untuk bulutangkis, GOR Sritex Arena untuk basket kursi roda, serta kolam renang Intanpari di Karanganyar untuk cabang renang. Peparnas ini juga mencakup cabang-cabang seperti e-sports, boccia, dan voli duduk, yang akan diselenggarakan di beberapa GOR.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng pastikan beri pelayanan terbaik kontingen Peparnas

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024