Medan (ANTARA) - Sumatera Utara bertekad mempertahankan tradisi medali emas dari cabang olahraga renang di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII, Solo, Jawa Tengah, dengan memasang target satu medali emas.

Pelatih para renang Sumut, Brian Howard, mengatakan peluang medali emas sangat terbuka lebar, apalagi tiga atlet Sumut menunjukkan progres baik selama persiapan di daerah.

"Progres anak-anak sampai tiba di Solo sampai sekarang masih bagus perkembangannya. Tidak ada yang cedera dan saya minta anak-anak menjaga kesehatan sampai jelang perlombaan," katanya di Solo, Sabtu.

Meski harus kehilangan Chandra yang merupakan peraih emas Peparnas 2021 Papua, namun Sumut masih punya atlet penerus. Seperti Alrian yang akan bermain di nomor gaya dada S8 putra, juga punya kans besar medali emas.

"S8 peluang sangat besar di nomor 200 meter ganti, dan 50 dan 100 meter gaya dada. Kalau Fadli kami optimis juga. Mudah-mudahan bisa emas di nomor gaya punggung juga. Termasuk 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu," kata Brian.

Baca juga: Plt Kadispora: Sumut targetkan 35 medali emas di Peparnas 2024

Begitu juga di nomor Low Vision S13 putri, atlet muda Yecikarani Clarita juga bakal menjadi kejutan. Atlet yang masih berusia 14 tahun ini, memiliki limit waktu yang baik selama latihan di daerah.

"Di Low Vision, Yecika akan turun di nomor 50 dan 100 meter gaya dada dan 100 gaya punggung. Saingan pasti banyak. Kita lihat nanti, karena kita masih belum tahu juga kekuatan lawan-lawan dari provinsi lain," ujarnya.

Sementara, Fadli Ramadhan mengaku dalam kondisi prima dan siap berlomba untuk memberikan medali emas. Meski akan tampil di Peparnas perdana, atlet asal Kabupaten Serdang Bedagai ini sudah nyaman dengan lintasan kolam.

Baca juga: Pj Gubernur minta Sumatera Utara masuk tiga besar Peparnas 2024

"Kita gak mau pulang ke Medan dengan tangan kosong. Target pasti emas. Kita usaha maksimal dan berdoa terus. Kalau hasil, baru serahkan kepada Tuhan," katanya.

Sedangkan Yecikarani didampingi Alrian juga memiliki optimis besar bisa mewujudkan medali emas. Menurut Cika, lawan terberat bukanlah atlet dari daerah lain, justru kepercayaan diri sendiri.

"Doakan, semoga Cika bisa memberikan prestasi untuk NPC Sumut. Kita sebagai atlet hanya bisa berusaha dengan keras dan berdoa," ucap Cika.

Pada Peparnas 2024, cabor para renang Sumut diperkuat tiga atlet debutan. Mereka yakni Alrian Herlambang (tuna daksa S8), Fadli Ramadhan (tuna daksa S6), dan Yecikarani Clarita Situmorang (Low Vision S13).

Baca juga: Sumut kirim 99 atlet di Peparnas 2024
Baca juga: Presiden: Gelaran PON & Peparnasharus tepat waktu, tak akan diundur

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024