Surakarta (ANTARA) - Atlet-atlet Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024, Surakarta, memuji fasilitas yang disediakan oleh panitia untuk mereka mulai dari makanan hingga akomodasi.

"Aksesnya oke, begitu juga makanan dan penginapan. Bagus," ujar atlet tenis kursi roda putra Provinsi Papua Agus Fitriadi di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu.

Pria yang sudah bertanding di empat edisi ASEAN Para Games dan empat Peparnas itu menyebut, pelayanan prima panitia Peparnas 2024 di Solo memperlancar aktivitas atlet.

Infrastruktur yang kualitasnya terjaga dengan baik selepas ASEAN Para Games di lokasi yang sama tahun 2022 juga membuat atlet tidak kesulitan dalam berlatih dan mempersiapkan diri bertanding di Peparnas 2024.

Atlet angkat para-angkat berat Kalimantan Utara Lukas Iing juga memberikan penilaian serupa.

Lukas menyebut, para atlet Peparnas 2024 mendapatkan penginapan yang nyaman dan makanan yang memadai.

Baca juga: Penyediaan konsumsi atlet Peparnas 2024 memerhatikan gizi seimbang

"Transportasi pun lancar. Bagus sekali," kata atlet yang juga tampil di Peparnas 2021 di Papua itu.

Tim para-angkat berat Kalimantan Barat terkesan pula dengan fasilitas latihan angkat berat yang ada di Surakarta.

Menurut ofisial angkat berat Kalimantan Utara, Zakaria, atlet berat provinsinya pun memanfaatkan fasilitas itu untuk mempertajam kemampuan.

"Persiapan kami di Kalimantan Utara kurang dari sebulan. Jadi, begitu tiba di sini hari Rabu (2/10), kami berlatih lagi karena alatnya lebih lengkap," tutur Zakaria.

Peparnas 2024, yang berlangsung pada 6-13 Oktober, diikuti lebih dari 4.300 atlet dan ofisial yang berasal dari 35 provinsi.

Pesta olahraga nasional untuk kelompok disabilitas itu mempertandingkan 20 cabang olahraga yaitu para-panahan, para-atletik, para-bulu tangkis, boccia, para-catur, para-balap sepeda, sepak bola cerebral palsy, para-tenis meja, judo tunanetra, para-angkat berat, para-menembak, para-renang, para-taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda dan tenis kursi roda serta dua cabang olahraga eksibisi yakni para-e-sport dan bola basket kursi roda.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng pastikan beri pelayanan terbaik kontingen Peparnas
Baca juga: Penyediaan konsumsi atlet Peparnas 2024 memerhatikan gizi seimbang

Selanjutnya: Terkait makanan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024