Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil presiden Jusuf Kalla menyebut keikhlasan partai koalisi dalam mendukung capres-cawapres Jokowi-JK akan menjadi benteng dalam menghindari praktik bagi-bagi kekuasaan.

"Keihklasan (parpol koalisi) itu akan membentengi kami (dari politik transaksional). Kami akan bebas dari itu," kata Jusuf Kalla dalam acara debat perdana Capres-Cawapres di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam.

Pernyataan JK dilontarkan untuk menjawab upaya yang akan dilakukannya bersama Jokowi untuk menjalankan pemerintahan efektif sekaligus menghindari "rongrongan" parpol koalisi.

JK mengemukakan dirinya dan Jokowi sejak awal berkomitmen untuk mencari partai pendukung yang mau bergabung tanpa berbicara politik transaksional.

Keikhlasan parpol pendukung dirinya dan Jokowi yakni PKB, Nasdem, Hanura dan PDIP, menurut JK, akan membuat biaya politik menjadi murah.

"Biaya politik kami (Jokowi dan JK) akan murah sebab tidak ada tekanan, jadi apa yang disangkakan (jika dipertanyakan) bahwa kami tertekan oleh partai koalisi itu tidak sama sekali," ujar JK.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014