Balige, Sumatera Utara (ANTARA Newsa) - Puluhan tukang becak di Balige yang menjadi relawan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla mulai mengumpulkan dana untuk pemenangan pasangan tersebut pada Pemilu 9 Juli 2014.

"Kami menargetkan selama sepuluh hari ini setiap relawan menyisihkan dana sumbangan sebesar Rp10 ribu per hari untuk disetorkan ke rekening donasi pasangan capres Jokowi-Kalla," kata Manurung, koordinator tukang becak pusat pasar di Balige, ibu kota Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa.

Menurut dia, dana sumbangan yang mereka kumpulkan adalah bentuk dukungan spontan mereka untuk Jokowi- Kalla.

Dia menyebut sikap proaktif para para tukang becak ini murni keinginan mereka sendiri, bukan anjuran atau dorongan pihak tertentu.

Tim relawan tukang becak Balige memberikan dukungan terhadap Jokowi- Kalla, karena mereka berharap pasangan tersebut membawa perubahan baru bagi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

"Kesederhanaan pasangan Jokowi-Kalla seperti yang sering ditayangkan di layar TV serta kami baca di koran memberi gambaran atas kepemimpinan keduanya yang sudah teruji," kata dia.

Menurutnya, pola hidup sederhana yang diperlihatkan Jokowi telah menginspirasi banyak orang dan diyakini mampu mengubah pola pikir para pejabat negara yang selama ini bermewah-mewah untuk menjalani kehidupan yang lebih sederhana.

"Kami menilai Jokowi adalah capres yang bersih dan merupakan pemimpin yang mempunyai kemampuan menegakkan demokrasi di Indonesia, berdasarkan pengalaman yang dimilikinya selama menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta," kata Manurung.

Pilpres 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dan pasangan Joko Widodo - Mohammad Jusuf Kalla.

Pewarta: H Imran Napitupulu
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014