Manaus (ANTARA News) - Para pemain Kroasia telah berkembang secara individual sejak Euro 2012, tetapi Piala Dunia 12 Juni-13 Juli akan menunjukkan apakah Kroasia dapat bermain sebagai tim, kata Luka Modric seperti dikutip AFP.

Kroasia akan melawan Brazil di Sao Paulo pada laga pembuka, Jumat dini hari luas, dan Modric mengatakan ada perbedaan tipis antara pemenang dan pecundang pada 32 negara peserta piala dunia.

"Kami bisa melangkah jauh jika kami lolos dari fase grup," kata gelandang itu kepada wartawan di  kemp utama Kroasia Praia do Forte, Selasa.

"Saya bisa melihat dengan jelas, banyak dari kami telah berkembang dengan pesat secara individual sejak Euro 2012 tetapi harus dilihat apakah kami dapat berkembang sebagai tim," tambahnya lagi seperti dikutip di Reuters.

"Sudah cukup lama sejak kami bermain dengan tim besar seperti ini, kami tahu Brasil menghormati kami dan kami juga sadar betapa bersemangatnya mereka untuk menang pada laga perdananya di kandangnya sendiri."

Pemain Real Madrid ini menambahkan, "Mereka diisi para pemain fenomenal seperti Marcelo, Thiago Silva, dan Neymar. Ketiganya pemain yang mengagumkan, menurut saya."

"Oleh karena itu, kami harus bermain sebagai tim karena kami tidak bisa mengandalkan satu orang melawan tim seperti itu. "

Kroasia pernah mengejutkan jutaan pasang mata ketika mencapai semifinal Piala Dunia 1998 untuk pertama kali sebagai negara merdeka.

Setelah itu, mereka gagal lolos dari fase grup termasuk pada tiga penampilannya dalam Piala Dunia dan Euro 2012, karena finis di urutan ketika di belakang Spanyol dan runner-up grup Italia.

Menurut penyerang Brasil, Eduardo da Silva mengatakan takdir di turnamen ditentukan oleh performa mereka menghadapi tuan rumah.

"Brasil adalah favorit juara turnamen ini sehingga mengalahkan mereka akan menjadi pertanyaan besar namun seberapa bagus kami mengendalikan diri kami sendiri bisa menentukan pencapaian kami di fase  grup dari kompetisis ini," kata Eduardo da Silva.

"Di samping itu, akan sangat sulit untuk mereka bangkit jika kami mencetak gol lebih dulu. Keluarga saya akan ada di sini dan saya tak yakin siapa yang akan mereka dukung tetapi yang paling penting adalah kami bemain bagus untuk menjaga atmosfir bagus di ruang ganti," tambahnya lagi.

Pada dua pertandingan mereka lainnya di Grup A, Kroasia akan melawan Kamerun di Arena Amazonia, Manaus, pada 18 Juni dan tanding melawan Meksiko di Recife lima hari kemudian.

penerjemah: Octa Antikasari



Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014