Solo, Jawa Tengah (ANTARA) - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menyatakan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 di Solo idealnya bisa menjadi acuan setiap provinsi untuk meningkatkan kualitas para-balap sepeda mereka.

"Peparnas ini bisa menjadi acuan terutama untuk provinsi yang belum memiliki atlet para-cycling (para-balap sepeda-red)," ujar Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho di Velodrom Manahan, Solo, Rabu.

Parama menyebut Peparnas 2024 sebagai langkah awal menuju peningkatan jumlah kontingen dan atlet para-balap sepeda nasional untuk berlaga di Peparnas 2028.

Peparnas 2024 memang menjadi debut pelaksanaan kompetisi para-balap sepeda di pesta olahraga multicabang untuk atlet disabilitas itu.

Untuk menyokong pengembangan cabang olahraga para-balap sepeda di Indonesia, Parama menegaskan bahwa ISSI siap untuk terus membantu National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI), salah satunya dalam hal pelaksanaan kejuaraan nasional.

Menurut Parama, kerja sama antara kedua organisasi sudah terwujud dalam pelaksanaan dua kejuaraan yakni Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Track di Solo pada Desember 2022.

Kemudian, ada pula Kejurnas Sumatera Selatan dan Pra-PON XXI cabang balap sepeda pada 2023 di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Pada dua turnamen tersebut, ISSI dan NPCI membuka nomor untuk para-balap sepeda.

Baca juga: NPCI: Peparnas 2024 suguhkan atmosfer sekelas ajang internasional

"Sebenarnya, lebih mudah jika kompetisi para-cycling disatukan dengan kejuaraan nasional umum, selang-seling. Seperti Olimpiade, kan, setelah itu ada Paralimpiade," tutur Parama.

Pertandingan cabang olahraga para-balap sepeda di Peparnas 2024 digelar mulai Senin (7/10) hingga Sabtu (12/10) dan dibagi dalam dua kategori yakni trek dan jalanan.

Semua pertandingan kategori trek dilaksanakan di Velodrom Manahan, Solo, pada 7-9 Oktober, sementara laga jalanan digelar di Kabupaten Boyolali pada 11-12 Oktober.
​​​
Baca juga: Sempat jadi korban perundungan, Agnes M Yowei kini buktikan diri
Baca juga: Siti Nuraisyah Asikin tambah koleksi emas Sumut di Peparnas 2024


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024