Seoul (ANTARA News) - Kantor berita yang berbasis di Prancis, AFP, berencana membuka kantor cabang di ibu kota Korea Utara pada akhir tahun ini.

Radio Free Asia yang berpusat di Washington mengutip laporan dari majalah mingguan Prancis Le Point, mewartakan pada Jumat, tentang rencana AFP untuk mendirikan cabang di Pyongyang.

Langkah Korea Utara yang mengizinkan AFP mendirikan cabang di sana dianggap bertujuan untuk meningkatkan citra negara tersebut ke dunia luar, kata radio tersebut.

AFP kemungkinan telah mendiskusikan rencana tersebut dengan Pyongyang saat delegasi mereka mengunjungi Korea Utara pertengahan April.

Dalam wawancara dengan Kantor Berita Yonhap pada Desember, Kepala AFP Emmanuel Hoog mengatakan cabang Pyongyang masih dalam pembahasan.

Layanan kantor berita Amerika Serikat Associated Press menjadi media barat pertama yang membuka biro di Pyongyang pada Januari 2012. Kantor Berita Jepang Kyodo membuka kantor cabang di sana pada September 2006.

Kantor Berita Pemerintah Tiongkok dan kantor berita Rusia Itar-Tass juga membuka perwakilan di Korea Utara, demikian laporan Yonhap.

(Uu.A062)


Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014