Jakarta (ANTARA News) - Manajer timnas Inggris Roy Hodgson mengaku kaget menerima kabar Timnas Spanyol kalah dengan skor mencolok 1-5 dari Belanda pada laga perdana Grup B Sabtu dini hari tadi.

"Ketika kami meninggalkan hotel tim kedudukan masih 1-1. Spanyol bermain bagus sekali dan butuh sebuah gol hebat untuk membawa Belanda menyamakan kedudukan. Jadi saya agak kaget kala mendengar posis sudah 5-1," kata Hodgson seperti dikutip BBC.com.

Keheranan serupa diutarakan mantan pemain timnas Inggris Alan Shearer yang kini menjadi komentator  BBC Sport.

"Spanyol memulai turnamen ini tempat tahun lalu dengan dikalahkan oleh Swiss, namun cara mereka kalah malam ini membuat Anda bertanya-tanya," kata Shearer.

Sementara mantan rekan van Persie di Manchester United, Rio Ferdinand, membahas kehebatan mantan rekannya itu dalam menciptakan dua gol ke gawang Spanyol.

"Robin van Persie sekali membentur tiang gawang dalam satu upaya melawan Spanyol dengan serangan kaki kanannya namun dia telah dua kali melakukan itu pada latihan selama pekan terakhir musim lalu dan menciptakan gol pada kedua masa itu," kata Ferdinand.

Sebaliknya mantan pemain timnas Prancis dan Arsenal Thiery Henry menunjuk buruknya kiper Iker Casillas sebagai biang dari kekalahan besar Spanyol dari Belanda.

"Buruknya permainan Iker Casillas mungkin telah terlihat hari ini, dan saya tak ini ada pemain yang mesti dikeluarkan, namun David De Gea adalah pengganti yang lebih mampu," kata Henry.

Henry juga berkata, "Saya ingin memberi acungan jempol kepada Belanda. Mereka tak mengenal takut. Saya sempat bertanya-tanya apakah mereka terganggu, ternyata tidak."



Pewarta: *
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014