Salvador, Brasil (ANTARA News) - Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer, bersikeras meyakini bahwa badai cedera yang melanda timnya tidak akan mengganggu persiapan menghadapi Portugal dalam laga perdana mereka di putaran final Piala Dunia 2014 di Salvador, Brasil, Senin.

Jerman tengah dirundung badai cedera yang sejauh ini telah menyingkirkan dua gelandang Lars Bender dan Marco Reus dari keikutsertaannya ke Brasil.

Sementara sejumlah pemain kunci juga mengalami cedera di penghujung musim penampilan mereka bersama klubnya di liga domestik seperti Philipp Lahm yang bermasalah dengan engkelnya, Bastian Schweinsteiger dengan lututnya dan Neuer sendiri yang pundak kanannya bermasalah.

Sementara gelandang Real Madrid, Sami Khedira, baru pulih pada Mei, setelah menghabiskan enam bulan di tepi lapangan akibat cedera lutut.

Setelah menjalani perawatan serius, keempatnya dipastikan bugar untuk menghadapi Portugal yang dimotori Cristiano Ronaldo pada laga menjanjikan nanti dan Neuer menyatakan mereka semua siap.

"Hal-hal semacam itu bagian dari sepak bola, tidak seorang pun ingin cedera, tetapi itu telah mendera beberapa pemain penting kami," katanya.

"Kami tidak selalu siap tampil, tetapi seolah tidak terpisahkan dengan timnas. Kami tampil bersama di beberapa sesi latihan terakhir dan yang terpenting adalah mereka yang nantinya merumput adalah yang bugar 100 persen."

Neuer mengalami cedera di pundaknya saat laga final DFB Pokal atau Piala Jerman melawan Borussia Dortmund pada 17 Mei lalu, namun bersikeras telah pulih total.

"Saya merasa baik dan bugar, tidak ada yang membatasi dan saya sudah berlatih penuh, saya bersemangat," kata penjaga gawang berusia 28 tahun itu.

Menurut Neuer laga pembukaan Grup G di Arena Fonte Nova sangat penting ditambah lagi ada Ghana dan Amerika Serikat menanti giliran berikutnya.

"Kami tahu kami menghadapi lawan kuat yang telah sukses di beberapa tahun terakhir, ini seperti laga final," katanya dikutip AFP.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014