Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta bergerak cepat setelah pemerintah memutuskan memindahkan lokasi pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 dari Sumatera Utara ke Jawa Tengah. 

"Sempat ada perbaikan namun sifatnya minor karena memang saat itu belum semua venue siap. Namun sudah kami selesaikan sebelum tanggal 1 Oktober," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Surakarta Rini Kusumandari di Solo, Jawa Tengah.

Menurut Rini, sebanyak 23 venue digunakan untuk pertandingan dan latihan atlet.

"Peparnas ini Surakarta menggantikan Sumatera Utara yang belum sanggup menyelenggarakan Peparnas. Jadi persiapan sangat singkat," kata Rini. 

Baca juga: Arena para-panahan Peparnas 2024 diklaim sudah sesuai kebutuhan atlet

Kota Solo dimudahkan dengan banyaknya fasilitas disabilitas yang sudah ada di hampir semua sektor. 

"Kebetulan Solo punya penginapan yang ramah disabilitas, venue pertandingan hampir semuanya ramah disabilitas, tapi ada memang hotel yang belum ramah disabilitas. Itu sudah kami tutupi, agar lebih ramah disabilitas, misalnya nggak ada toilet untuk disabilitas, kami beri fasilitas sewa yang portabel," kata Rini.

Peparnas 2024 mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga, dan dua cabang olahraga eksibisi, yakni para e-sports dan bola basket kursi roda. 

Baca juga: Lapangan Tenis Manahan sudah ramah penyandang disabilitas

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024