Salvador, Brasil (ANTARA News) - Lima fakta mengenai Thomas Mueller, striker Jerman yang mencetak trigol pada Piala Dunia 2014 melawan Portugal Senin malam tadi, seperti dikutip AFP:

-- Striker Bayern Munchen (24) ini adalah pencipta gol terbanyak Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dengan lima gol dari enam pertandingan. Dia juga menjadi pemain muda terbaik di turnamen itu ketika Jerman finis di urutan tiga.

-- Dia kini telah menciptakan 20 gol dari 50 penampilannya bersama Jerman, termasuk saat mengalahkan Inggris 4-1 pada Piala Dunia 2010 dan gol pembuka saat menang 4-0 dari Argentina pada babak kedua.

-- Mueller telah menyepakati kontrak baru yang akan membuatnya bertahan di Bayern Munchen sampai 2019, kendati dia diminati banyak klub elite Eropa, termasuk Barcelona, Manchester United dan Liverpool yang siap menggelontorkan 40 juta euro untuk dia.

-- Ayahanda Mueller dipanggil Gerhard namun dia tak ada hubungan keluarga dengan legenda Jerman Gerd Mueller yang dijuluki Der Bomber yang meneror pertahanan tim-tim Piala Dunia pada 1970-an. Namun keduanya pernah beriklan bersama. Gerd sendiri memuji bakat Thomas.

-- Mueller menyebut dirinya sendiri dengan ramdeuter atau 'penyelidik ruang', yang menjelaskan kekuatannya sebagai penyerang bukanlah pada dribbling, passing atau shooting, melainkan dalam menciptakan ruang. Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan bahwa sang striker tahan tekanan.


Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014