Cirebon (ANTARA News) - Calon presiden nomor urut dua Joko Widodo berjanji akan menguatkan dan melestarikan kebudayaan daerah di Indonesia jika terpilih menjadi Presiden RI.

"Kebudayaan daerah merupakan wujud dari jatidiri dan karakter bangsa, sehingga dengan menguatkan dan melestarikan kebudayaan, maka jatidiri dan karakter bangsa bisa dipertahankan," kata Joko Widodo ketika berdialog dengan keluarga besar Keraton Kasepuhan Cirebon di Cirebon, Jawa Barat, Rabu.

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Pangeran Sepuh XIV Arief Natadiningrat, Permaisuri Pengeran Sepuh XIV Isye Natadiningrat, serta ratusan warga sekitar yang ingin bertemu langsung dengan Joko Widodo.

Menurut Jokowi, panggilan Joko Widodo, jika terpilih menjadi presiden, dia berkomitmen untuk menguatkan dan melestarikan kebudayaan daerah.

Dia mengatakan ketika menjadi wali kota Surakarta dan gubernur DKI Jakarta, Jokowi sudah dua kali menyelenggarakan festival keraton se-dunia, yakni di Solo dan Jakarta.

Menurut Jokowi, di Indonesia ada sebanyak 148 keraton, yakni negara dengan keraton terbanyak di dunia, yang perlu terus dipelihara.

"Aset keraton yang sangat banyak ini perlu terus dipelihara," katanya.

"Dengan menguatkan dan melestarikan kebudayaan, maka jatidiri dan karakter bangsa bisa dipertahankan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi dan rombongan disambut dengan penampilan tari topeng Cirebon.

"Jika kebudayaan, pariwisata, dan industri kreatif disatukan dapat menguatkan jatidiri dan karakter Indonesia," katanya.

Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla, pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014 akan bersaing dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014