Rio de Janeiro (ANTARA News) - Gelandang Charles Aranguiz menggandakan keunggulan Chile menjadi 2-0 atas Spanyol saat kedua tim turun minum dalam laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2014 di Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis dini hari WIB.

Gol Aranguiz tercipta pada menit 43 setelah memanfaatkan bola muntah hasil eksekusi tendangan bebas Alexis Sanchez.

Sebelum menggandakan keunggulan Chile, Aranguiz terlebih dahulu juga terlibat dalam gol pertama Chile dengan memberi assist kepada Eduardo Vargas pada menit 20.

Apabila kedudukan itu bertahan, maka Chile akan memperoleh kemenangan perdana mereka atas Spanyol, dan yang paling penting memastikan peluang lolos ke babak 16 Besar dengan mengemas 6 poin, mengingat Belanda pada pertandingan lain juga menang 3-2 atas Australia dan lebih dulu mengemas 6 poin.

Laga belum genap satu menit, Chile sudah menebar ancaman ke gawang Casillas.  Meski demikian serangan yang disusun Arturo Vidal dan Eduardo Vargas mampu diantisipasi Xabi Alonso dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Spanyol, yang wajib menang apabila masih ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 Besar, berusaha membangun skema serangan. Sayang, Xabi Alonso gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang yang masih bisa diantisipasi Claudio Bravo sebelum akhirnya wasit menilai Alonso melanggar penjaga gawang tersebut.

Chile menciptakan gol pertama lewat skema serangan apik saat Sanchez melewati barisan pertahanan Spanyol dan mengirimkan bola kepada Charles Aranguiz yang selanjutnya menyodorkan bola ke dalam kotak penalti untuk disambut Vargas dan dikonversinya menjadi gol keunggulan 1-0 atas Spanyol.

Menit 27, Diego Costa hampir saja menyamakan kedudukan saat menerima bola umpan sundulan dari David Silva, sayang tendangannya menyamping di sisi kanan gawang Claudio Bravo.

Di tengah upaya Spanyol menyamakan kedudukan, Chile justru berhasil menggandakan keunggulan hanya dua menit menjelang waktu normal babak pertama berakhir lewat Aranguiz.

Pelanggaran Xabi Alonso membuat wasit asal Amerika Serikat, Mark Geiger, memberikan tendangan bebas kepada Chile.

Sanchez mengeksekusinya dengan baik, mengarah ke sisi tiang dekat Casillas, namun bola antisipasi penjaga gawang Real Madrid itu jatuh ke kaki Aranguiz yang tak membuang kesempatan melepaskan tembakan untuk kembali menggetarkan gawang Spanyol.

Kedudukan 2-0 bagi Chile bertahan hingga turun minum, setelah laga melewati waktu tambahan dua menit.

Susunan pemain kedua tim sebagaimana dilansir laman FIFA.

Spanyol: Iker Casillas (PG/K), César Azpilicueta, Sergio Ramos, Jordi Alba, Javi Martinez, Sergio Busquets, Xabi Alonso, David Silva, Pedro Rodriguez, Andrés Iniesta, Diego Costa

Chile: Claudio Bravo (PG/K), Mauricio Isla, Gary Medel, Gonzalo Jara, Eugenio Mena, Charles Aránguiz, Marcelo Díaz, Arturo Vidal , Alexis Sánchez, Francisco Silva, Eduardo Vargas



Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014