Sao Paulo (ANTARA News) - Pelatih Inggris Roy Hodgson mengatakan Wayne Rooney bisa mengatasi spekulasi mengenai turunnya dia sebagai salah satu starter pada laga melawan Uruguay Kamis malam nanti.

"Sejauh saya perhatikan, saya lebih dari puas pada penampilan Rooney melawan Italia," kata Hodgson sembari menunjuk statistik yang memperlihatkan si pemain terus bergerak dan berlari lebih cepat dibandingkan dengan pemain Inggris lainnya.

"Tapi saya mengkhawatirkan Wayne, bersama Steven (Gerrard) dan Frank Lampard, mereka semua adalah tiga pemain yang punya pengalaman Piala Dunia dan Eropa. Saya kira semua orang paham bahwa Anda tak bisa mengandalkan pemain muda yang harus memanggul tugas berat di pundaknya," sambung Hodgson.

Hodgson yakin para pemainnya telah belajar dari kekalahan melawan Italia kendati dia juga memperkirakan Uruguay yang akan diperkuat kembali Luis Suarez, bakal mengejutkan.

Namun sang kapten, Steven Gerrard, menyatakan skuat muda Inggris bisa menciptakan masalah pada semifinalis Piala Dunia 2010 yang kalah 1-3 dari Kosta Rika pekan lalu itu.

"Saya jelas tak punya keraguan terhadap laga ini bahwa kami akan membuat Uruguay bermasalah. Kami punya banyak kecepatan, banyak kemampuan. Saya kira Anda akan menyaksikan penampilan menyerang yang baik dari Inggris," kata Gerrard.

"Saya sudah berbicara dengan kawan-kawan selama pekan lalu untuk menekankan pengalaman sakitnya tersisih dari Piala Dunia," kata dia. "Saya yakin semua pemain muda dan semua orang di skuat bersiap betapa sulit musim panas nanti jika kami gagal besok."

Gerrard menyatakan akan mengabiskan Rabu malam untuk persiapan akhir bersama iPadnya, namun dia tidak akan mengontak teman dekatnya sekaligus rekan satu timnya di Liverpool, Luis Suarez, sebelum pertandingan berlangsung.

"Saya berteman akrab dengan Luis, kami punya banyak candaan, berbincang mengenai pertandingan ini, tapi tidak akan ada komunikasi besok," kata Gerrard.

"Luis Suarez itu jenius, saya sudah katakan ini berulang kali. Dia pemain yang luar biasa," sambung dia, seraya mengatakan kebugarannya telah makin mendorong semangat Uruguay.


Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014