Jakarta (ANTARA News) - Dua tim yang akan mewakili Grup A di babak 16 besar Piala Dunia 2014, Brasil dan Meksiko, menutup laga mereka dalam fase penyisihan dengan sempurna, Senin pagi WIB.

Brasil sukses menghancurkan Kamerun, tim yang paling awal memastikan tiket kepulangan dari putaran final, dengan skor akhir 4-1 lewat gol Fred dan Fernandinho, yang melengkapi dwigol Neymar di babak pertama.

Sementara Meksiko, meski melakoni lebih dari separuh laga melawan Kroasia dengan alot, namun tiga gol yang dicetak dalam kurun waktu 10 menit saja oleh Rafael Marquez, Andres Guardado dan Javier Hernandes membawa mereka pada kemenangan 3-1, setelah Ivan Perisic memperkecil kedudukan.

Kedua tim yang menjadi wakil Grup A, Brasil dan Meksiko, memiliki jumlah poin yang sama, tujuh, namun Selecao unggul dalam hal produktivitas.

Tim besutan Luiz Felipe Scolari mencetak tujuh gol dan kemasukan dua saja dari tiga pertandingan di Grup A, menyisakan mereka selisih lima gol, sementara El Tri hanya memiliki agregat tiga gol saja.

Lantaran menempati peringkat dua di klasemen akhir Grup A, anak-anak asuhan Miguel Herrera itu akan menghadapi jawara Grup B, Belanda, yang sukses mengakhiri fase penyisihan grup dengan sapu bersih tiga kemenangan di tiga laga.

Sedangkan, Brasil akan menghadapi negara sesama penghuni daratan Amerika Latin, Chile, yang menjadi runner up di Grup B.

Berikut hasil lengkap dan klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2014 berdasarkan laman FIFA.

Brasil 3 - Kroasia 1
Meksiko 1 - Kamerun 0
Brasil 0 - Meksiko 0
Kroasia 4 - Kamerun 0
Meksiko 3 - 1 Kroasia
Brasil 4 - Kamerun 1

Klasemen akhir Grup A (tim, main, menang, seri, kalah, selisih gol, poin)

Brasil             3 2 1 0 5 7
Meksiko        3 2 1 0 3 7
Kroasia         3 1 0 2 0 3
Kamerun      3 0 0 3 -8 0.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014