Porto Alegre, Brasil (ANTARA News) - Laga 16 besar Piala Dunia 2014 kembali menebarkan kejutan saat Jerman kerepotan meladeni permainan bersemangat Aljazair, meski kedua tim mengakhiri babak pertama dengan skor masih imbang tanpa gol di Estadio Beira-Rio, Brasil, Selasa pagi WIB.

Sepanjang babak pertama, Jerman yang memaksakan menempatkan Jerome Boateng mendampingi Per Mertesacker sebagai pasangan bek tengah, justru menuai badai. 

Sedikitnya tiga kali blunder, yang dua di antaranya memaksa penjaga gawang Manuel Neuer keluar dari zona nyamannya, terjadi sepanjang babak pertama lantaran buruknya koordinasi Boateng-Mertesacker.

Memanfaatkan buruknya koordinasi pertahanan, Aljazair, yang dibaluti motivasi balas dendam 32 tahun, sedikitnya telah melakukan empat serangan berbahaya yang mengancam gawang Jerman, namun upaya mereka tak jua membuahkan hasil.

Penyerang Islam Slimani, sebetulnya sempat melesakkan bola ke gawang Jerman pada menit 16, namun wasit menganulir lantaran hakim garis menilai penyerang dengan koleksi dua gol di Brasil 2014 sejauh ini itu sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan silang nan impresif dari El Arabi Soudani.

Pada menit 38 tendangan dari luar kotak penalti Mehdi Mostefa sempat membuat Neuer mati langkah karena arah benturannya membingungkan, beruntung bola laju bola masih meleset di samping kanan gawang Jerman.

Jerman yang sepanjang 35 menit pertama terlihat kebingungan menembus rapatnya pertahanan Aljazair sekaligus kerepotan mengkoordinasi lini belakang sendiri baru menciptakan peluang kembali pada menit 38, setelah sebelumnya penjaga gawang Rais M'Bolhi sempat dibuat kaget atas bola umpan Mesut Ozil yang justru mengarah ke gawang namun masih sempat diantisipasinya.

Pada menit 41, M'Bolhi sukses menghalau tendangan keras Toni Kroos dari luar kotak penalti, sebelum ia kembali menyelamatkan gawang Aljazair dari upaya Mario Gotze memanfaatkan bola muntah dari jarak dekat.

Pemenang laga kali ini sudah ditunggu oleh Prancis yang sudah mematistikan tempat di perempat final setelah menang 2-0 atas Nigeria di Salvador.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Jerman: Manuel Neuer (PG), Jerome Boateng, Per Mertesacker, Shkodran Mustafi, Benedikt Howedes, Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm (K), Toni Kroos, Mesut Ozil, Mario Gotze, Thomas Mueller

Pelatih: Joachim Loew

Aljazair: Rais M'Bolhi (PG), Aissa Mandi, Faouzi Ghoulam, Esseid Belkalem, Rafik Halliche (K), Medhi Lacen, Saphir Taider, Mehdi Mostefa, Sofiane Feghouli, El Arabi Soudani, Islam Slimani

Pelatih: Valid Halilhodzic.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014