Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia menyatakan bahwa suasana pada malam menjelang hari Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 bersifat kondusif sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya.

"Suasana menjelang Pilpres sampai saat ini masih kondusif di seluruh daerah di Indonesia," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Ronny F Sompie saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Ronny menyampaikan Polri telah mengerahkan 524.000 personilnya untuk mengamankan TPS-TPS dan untuk menyokong para petugas di tingkat polda dan polres.

"Personil dari Polda dan Polres juga sudah berkoordinasi dengan anggota yang bertugas di masing-masing TPS," ujarnya.

Menurut dia, para personil Kepolisian pada malam menjelang Pilpres ini sudah menyisir lingkungan di sekitar TPS guna melaporkan situasi di masing-masing TPS kepada para Kapolsek dan Kapolres setempat.

"Mereka sudah scanning apa saja masalah yang dapat menjadi kendala untuk kegiatan pemungutan suara di TPS sehingga bisa dilakukan langkah-langkah antisipasi untuk keamanan besok," jelasnya.

"Kami juga mengantisipasi kendala yang mungkin tidak bisa diatasi oleh petugas di TPS," lanjutnya.

Langkah antisipasi tersebut, kata dia, termasuk penyediaan dan pengiriman personil tambahan sesuai kebutuhan.

"Bila diperlukan back up di suatu tempat, kami akan kirimkan bisa satu regu yang berisi 10 anggota atau satu pleton yang terdiri dari 30 anggota ke TPS yang memang memerlukan pengamanan ekstra," ujar Ronny.

Oleh karena itu, ia mengatakan masyarakat tidak perlu ragu ataupun khawatir untuk pergi ke TPS menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2014.

"Tidak perlu ada rasa khawatir atau ragu bagi masyarakat. Masyarakat bisa melaporkan kepada Polisi kalau ada kendala yang berkembang ke arah negatif dan membuat mereka sulit memakai hak suaranya," tegas Kadiv Humas Polri itu. (Y012)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014