Minahasa, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Di tengah hiruk-pikuk tensi politik yang menggema ke sana-sini, para pemilih di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, melaksanakan kebaktian syukur sebelum jam pencoblosan di sejumlah TPS setempat. 

Penatua Herny Maleke dalam doa syukurnya sebelum membuka pemungutan suara di Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat Minahasa, Rabu, memohon kepada Tuhan agar Pemilu Presiden 2014 ini berlangsung aman.

"Bermohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar menuntun dan menyertai proses pemungutan suara khususnya di TPS Minahasa, terutama Desa Wasian agar berjalan baik, lancar dan aman," kata Maleke.

Bagi masyarakat gunakan hak pilih dengan cerdas dan meminta tuntunan Tuhan karena pilihan hari ini menentukan masa depan bangsa lima tahun kedepan.

"Diharapkan masyarakat memilih sesuai hati nurani tanpa paksaan karena pilihan kita menentukan nasib bangsa ke depan," jelasnya.

Ketua KPPS Wasian, Maritji Tambani, mengatakan terus berupaya mengajak masyarakat agar menggunakan haknya untuk memilih presiden dan wakil presiden 2014.

"Kami terus mengimbau agar masyarakat datang ke TPS untuk memilih," katanya. 

Pemilih di desa Wasian Kecamatan Kakas Barat berjumlah 500 orang dengan satu TPS. Pemilih di Kabupaten Minahasa sebanyak 266.262 orang. Pemilih laki-laki sebanyak 134.978 orang dan perempuan berjumlah 131.284.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014