Bangkok (ANTARA News) - Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) kemarin merayakan ulang tahun ke-47 berdirinya dengan mendorong para pemuda antusiastis tentang peluncuran penjadwalan Masyarakat ASEAN (AC) akhir 2015.

Wakil Sekretaris Tetap urusan Luar Negeri Manasvi Srisodapol memimpin perayaan itu yang diselenggarakan pada Kementerian Luar Negeri Bangkok.

Para Duta Besar ASEAN di Thailand ditambah para guru dan siswa dari 80 sekolah nasional berpartisipasi dalam acara itu.

Juga berpartisipasi dalam pesta peringatan itu para mantan Sekretaris Jenderal ASEAN Phan Wannamethee dan Surin Pitsuwan.

Perayaan diselenggarakan setiap tahun pada 8 Agustus oleh kementerian.

Acara itu pada tahun ini disusun dalam rangka juga untuk menginformasikan peran pemuda peran Thailand di ASEAN dan persiapan untuk pelaksanaan Masyarakat ASEAN.

Para siswa dari seluruh negeri itu pada Jumat bergabung dalam sebuah kompetisi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan ASEAN.

Kegiatan lain termasuk pameran yang berkaitan dengan AC dan pada peringatan 100 tahun kelahiran Thanat Khoman pada 9 Februari 1914.

Thanat adalah di antara lima menteri luar negeri, yang dianggap sebagai pendiri ASEAN, yang menandatangani Bangkok Declaration yang melahirkan ASEAN pada 8 Agustus 1967.

Empat menteri lainnya berasal dari Indonesia, Malaysia, Filipina dan Singapura.

Tiga negara Indochina - Kamboja, Laos dan Vietnam - ditambah Myanmar dan Brunei, kemudian bergabung dengan ASEAN, demikian TNA.

(H-AK)



Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014