Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, segera mengoperasikan KA Kamandaka II jurusan Semarang-Purwokerto dan sebaliknya.

"Pengoperasian KA Kamandaka II ini dilakukan guna memenuhi permintaan masyarakat yang selama ini telah dilayani KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang pergi pulang," kata Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Ahmad Najib T. di Purwokerto, Kamis.

Menurut dia, KA Kamandaka II akan diberangkatkan dari Stasiun Semarang Tawang menuju Purwokerto pada pagi hari dan diberangkatkan kembali ke Semarang pada sore hari.

KA Kamandaka yang akan disebut KA Kamandaka I, kata dia, tetap diberangkatkan dari Stasiun Besar Purwokerto menuju Stasiun Semarang Tawang setiap harinya pada pukul 05.00 WIB dan diberangkatkan kembali ke Purwokerto pada pukul 16.15 WIB.

"Namun kami masih menunggu konfirmasi dari kantor pusat terkait kapan KA Kamandaka II akan mulai dioperasikan termasuk jadwal perjalanannya. Kami berharap KA Kamandaka II dapat segera dioperasikan mengingat animo masyarakat yang selama ini dilayani KA Kamandaka sangat tinggi," katanya.

Menurut dia, tingginya animo masyarakat itu terlihat dari tingkat okupansi rata-rata KA Kamandaka untuk rute Purwokerto-Semarang yang mencapai 770 penumpang atau 121 persen per hari.

Bahkan, kata dia, tingkat okupansi untuk rute Semarang-Purwokerto lebih tinggi dibandingkan dengan Purwokerto-Semarang karena rata-rata mencapai 860 penumpang atau 134 persen per hari.

Ia mengatakan bahwa tingginya okupansi yang melebihi 100 persen pada KA Kamandaka terjadi karena begitu dinamisnya trayek penumpang yang naik KA itu.

"Meskipun kapasitas penumpang tetap dibatasi 100 persen, okupansi riil Kamandaka saat ini lebih tinggi karena banyak penumpang yang turun dan naik di stasiun antara, seperti Slawi, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan," jelasnya.

Kendati belum diketahui secara pasti kapan KA Kamandaka II mulai dioperasikan, Najib mengatakan bahwa pihaknya mulai 12 September 2014 menambahkan satu kereta eksekutif berkapasitas 50 tempat duduk pada rangkaian KA Kamandaka yang selama ini hanya membawa enam kereta ekonomi AC, satu kereta makan, dan satu kereta aling-aling.

Dengan demikian, kata dia, KA Kamandaka akan membawa satu kereta eksekutif, enam kereta ekonomi AC, satu kereta makan, dan satu kereta aling-aling.

Ia mengatakan harga tiket KA Kamandaka untuk kelas ekonomi tetap sebesar Rp70 ribu untuk trayek Purwokerto-Semarang dan sebaliknya, sedangkan kelas eksekutif pada kisaran Rp150 ribu (batas bawah) hingga Rp250 ribu (batas atas).

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono mengatakan KA Kamandaka II yang akan diberangkatkan dari Semarang pada pagi hari, setibanya di Purwokerto rencananya akan dioperasikan untuk melayani rute Purwokerto-Tegal pergi pulang, sebelum diberangkatkan kembali ke Semarang.

"Itu baru sekadar rencana, kami masih mempelajari permintaan pasar. Namun kalau melihat dari tingginya animo masyarakat terhadap KA Kamandaka dan kemacetan di ruas jalan Purwokerto-Tegal, kemungkinan rute tersebut banyak peminatnya," kata dia.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2014