Palangka Raya (ANTARA News) - Provinsi Kalimantan Tengah akan memberangkatkan sekitar 1.080 jamaah calon haji ke Tanah Suci.

Keberangkatan jamaah calon haji provinsi ini dibagi dalam dua gelombang terdiri dari kloter 4,7,12 dan 13, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kalteng, Djawahir Tantowi di Palangka Raya, Selasa.

Gelombang pertama kloter 4 tanggal 22 September dan kloter 7 tanggal 24 September. Gelombang kedua kloter 12 dan 13 akan diberangkatkan tanggal 28 September, tambah Djawahir.

Dia menjelaskan, kloter 4 terdiri dari jamaah calon haji dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Katingan dan Gunung Mas yang akan ditempatkan di mekkah kawasan Azizah Maktap 11.

Kloter 7 terdiri dari jamaah calon haji dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Pulang Pisau dan Murung Raya yang ditempatkan di mekkah wilayah Raodah sekitar 3km menuju Masjidil Haram.

Kloter 12 terdiri dari jamaah calon haji dari Kabupaten Kapuas, Barito Timur, Seruyan dan Kota Palangka Raya yang akan ditempatkan di wilayah Bahutmah Mekkah, kata Kepala Kantor Kemenag Kalteng.

Djawahir mengatakan kloter 13 merupakan gabungan dari jamaah seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Kalteng dan petugas haji akan diberangkatkan bersama jamaah dari Kalimantan Selatan.

"Kalau penempatan kloter 13 di Mekkah belum diketahui, karena sekarang ini masih berkoordinasi dengan Kementerian Agama," kata dia.

Kepala Kantor Kemenag Kalteng memastikan seluruh jamaah calon haji provinsi setempat yang akan diberangkatkan telah menerima seluruh fasilitas perlengkapan ibadah di tanah suci.

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014