Hanoi (ANTARA News) - Vietnam akan menyelenggarakan Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN (AHMM) ke-12 dan pertemuan terkait untuk pertama kalinya dari 15--19 September, kata seorang pejabat Vietnam di Hanoi, Kamis.

Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Thanh Long, membuat pengumuman ini pada konferensi pers internasional.

Menurut Long, AHMM adalah forum medis tingkat tinggi dari Asia Tenggara, yang diadakan setiap dua tahun dengan prinsip secara bergilir.

Sekitar 200 delegasi internasional diharapkan akan bergabung dengan pertemuan yang akan datang, termasuk menteri kesehatan dari 10 negara ASEAN dan Tiongkok, Republik Korea dan Jepang, Sekretariat ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN, kata Long.

Di bawah tema "Kesehatan yang lebih baik untuk Komunitas ASEAN setelah 2015," peserta AHMM ke-12 dan pertemuan terkait akan membahas tentang berbagai isu medis penting, mendengarkan laporan kegiatan pelaksanaan kelompok kerja khusus dalam rangka Master Plan Komunitas Budaya ASEAN, selain meningkatkan kerja sama dengan para mitra termasuk Tiongkok, Republik Korea dan Jepang. Demikian siaran pers Kementerian Kesehatan Vietnam, Kamis.

Pembahasan-pembahasan di sidang pleno dalam kerangka ASEAN Plus Three (ASEAN+3) dan ASEAN Plus China akan fokus pada peningkatan kesehatan primer dalam pencegahan dan memerangi penyakit tidak menular, kolaborasi multi-sektoral dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular yang baru muncul, kata siaran pers itu.
(AK)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2014