Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok menilai apabila Jakarta mampu menyelenggarakan Asian Games, maka bukan mustahil selanjutnya mampu menggelar kegiatan internasional lainnya.

"Kalau Asian Games nanti berhasil, kita harapkan bisa menggelar event lainnya, seperti Piala Dunia dan juga Olimpiade. Tidak jadi masalah," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, penyelenggaraan berbagai macam kegiatan internasional merupakan kesempatan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan Kota Jakarta kepada masyarakat internasional.

"Asian Games, Piala Dunia dan Olimpiade itu kan merupakan ajang untuk kita memperkenalkan Jakarta ke dunia. Ajang-ajang seperti itu pasti akan membawa dampak yang besar untuk kita," ujar Basuki.

Dia menuturkan dalam penyelenggaraan berbagai macam ajang internasional tersebut, pihaknya akan mendorong agar pihak swasta berpartisipasi penuh.

"Kita akan dorong supaya swasta berpartisipasi penuh dalam penyelenggaraan event-event itu, misalnya bangun properti dan infrastruktur pendukung lainnya," katanya.

Dia mengungkapkan hal serupa telah diterapkan di Korea Selatan, terutama di Kota Incheon sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-17 tahun 2014.

"Di Incheon juga pakai strategi itu. Mereka mendorong swasta untuk mempromosikan Kota Incheon, sehingga mereka punya banyak sponsor. Inilah yang mau kita coba terapkan di Jakarta untuk Asian Games 2018 nanti," ungkap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Basuki melakukan kunjungan ke Korea Selatan untuk menghadiri acara penutupan Asian Games ke-17 di Kota Incheon, sekaligus melakukan serah terima bendera tuan rumah untuk penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta, Indonesia pada 2018.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2014