Jeddah (ANTARA News) - Amirul Hajj (Ketua Misi Haji) Indonesia Lukman Hakim yang juga Menteri Agama akan kembali dari Arab Saudi ke Tanah Air pada Jumat dini hari waktu setempat (Jumat pagi WIB).

"Seharusnya Pak Menteri dijadwalkan kembali (Kamis) 19.30 namun pesawat ditunda menjadi 01.00 (Jumat dini hari)," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag, Zubaidi, di Jeddah, Kamis, saat mendampingi rombongan Amirul Hajj bertemu dengan tim Media Center Haji.

Pada Kamis pagi Lukman Hakim, masih sempat melepas kepulangan pertama jamaah haji Indonesia di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Amirul Hajj tiba di Arab Saudi sejak 24 September 2014.

Selama di Arab Saudi, Lukman Hakim memimpin rapat-rapat koordinasi dan peninjauan-peninjauan terkait penyelenggaraan haji. Rombongan Amirul Hajj ada 12 orang antara lain Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, Ali Ghurom Mukti, Malik Madani dan Yunahar Ilyas.

Lukman Hakim mengatakan saat diminta menjadi Menag, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta fokus pada penyelenggaraan haji karena waktunya tidak lama.

Lukman Hakim Syaifuddin dilantik menjadi Menag pada 9 Juni 2014 sehingga masa jabatannya tidak sampai lima bulan karena kabinet akan berakhir 20 Oktober.

Lukman merasa terhormat saat dirinya ditunjuk menjadi Amirul Hajj, dari Republik Indonesia, sebuah negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia.

"Oleh karena itu ketika 1 Oktober saya harus dilantik menjadi anggota DPR, saya merasa kehormatan menjadi Amirul Hajj," ‎ kata Lukman yang mundur dari anggota DPR terpilih.

Lukman mengatakan menjadi Amirul Hajj kehormatan yang sangat spesial baginya. Lukman juga mensyukuri penyelenggaraan ibadah haji berlangsung dengan lancar.

Pada kesempatan itu Lukman juga memberikan apresiasi kepada petugas yang telah melaksanakan tugas dengan baik.(*)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014