Brussels (ANTARA News) - Belgia sukses mereguk kemenangan di laga perdana mereka dalam rangkaian Kualifikasi Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Andorra dengan empat gol tanpa balas.

Dua pemain Belgia, Kevin De Bruyne dan Dries Mertens, sama-sama mengemas dwigol untuk mengantarkan kemenangan tersebut, yang dilengkapi gol dari Divock Origi dan Nacer Chadli.

Hasil tersebut diraih tim besutan Marc Wilmots tanpa kehadiran bintang mereka, Eden Hazard, yang sengaja diistirahatkan sang pelatih akibat masalah jari kaki demi kondisi pulih saat menghadapi Bosnia-Herzegovina pada Senin (13/10) mendatang.

Sejak awal laga, Belgia berusaha keluar menyerang dan pada menit pertama mereka sudah menebar ancaman lewat De Bruyne yang bola sepakannya masih mengenai tiang gawang lawan.

Bola kembali mengenai mistar gawang yang dijaga Ferran Pol, saat Divock Origi melepaskan tendangan pada menit 15 dan 21.

Belgia membuka keunggulan melalui eksekusi penalti De Bruyne pada menit 30 setelah Mertens dijatuhkan Josep Ayala di area terlarang.

Empat menat berselang, Origi menyodorkan umpan manis yang diselesaikan dengan baik oleh De Bruyne untuk menggandakan keunggulan.

Belgia tak membutuhkan waktu lebih lama dari tiga menit untuk menambah keunggulan menjadi tiga gol lewat gol dari Nacer Chadli yang menyambut umpan silang dari Jan Vertonghen.

Kedudukan 3-0 bagi Belgia bertahan hingga turun minum, sehingga pada 11 menit berjalan babak kedua Wilmots menarik kapten tim Vincent Kompany untuk beristirahat dan digantikan Sebastien Pocognoli.

Dua menit berselang, pada menit 58, giliran Origi yang menjebol gawang Andorra lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Dwigol Mertens yang hanya berjarak tiga menit, 65 dan 68, membawa Belgia unggul 6-0 dan kedudukan itu bertahan hingga peluit akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dikutip dari UEFA.com.

Belgia (4-3-3): Thibaut Courtois (PG); Toby Alderweireld, Vincent Kompany (Sebastien Pocognoli), Nicolas Lombaerts, Jan Verthongen; Radja Nainggolan, Steven Defour, Kevin De Bruyne; Nacer Chadli (Marouane Fellaini), Divock Origi (Romelo Lukaku), Dries Mertens

Pelatih: Marc Wilmots

Andorra (4-2-3-1): Ferran Pol (PG); Moises San Nicolas, Emili Garcia, Ildefons Lima, David Maneiro; Josep Ayala, Marc Vales Gonzalez; Jordi Rubio (Ivan Lorenzo), Marcio Vieira, Cristian Martinez; Gabi Riera (Marc Garcia)

Pelatih: Koldo Alvarez(*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014