Kairo (ANTARA News) - Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi akan memimpin delegasi menteri ke kawasan yang dikoyak perang, Gaza, pada 23 Oktober, kata seorang pejabat, Kamis.

Delegasi itu akan terdiri dari antara lain Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Sabah Khaled al-Sabah dan Menteri Luar Negeri Mauritania Ahmed Ould Teguedi, menurut pejabat Liga Arab kepada wartawan di Kairo, lapor AFP.

"Kunjungan itu merupakan bentuk solidaritas pada Jalur Gaza, yang mengalami kerusakan komprehensif akibat agresi terakhir Israel, dan untuk memahami kebutuhannya," kata pejabat itu yang tidak mau disebutkan namanya.

Namun rincian jadwal itu belum tersedia.

Kunjungan satu hari tersebut dilakukan setelah konferensi donor internasional di Kairo yang diselenggarakan oleh Mesir dan Norwegia pada hari Minggu yang menjanjikan komitmen bantuan 5,4 miliar dolar (4.3 miliar euro) untuk membangun kembali Gaza.

Sumbangan itu antara lain berasal dari Qatar senilai 1 miliar dolar, Amerika Serikat sebesar 212 juta dolar, dan 450 juta euro dari Uni Eropa.

Perang Juli-Agustus antara Israel dan penguasa Gaza, Hamas, menyebabkan hampir 2.200 rakyat Palestina tewas dan 73 warga Israel tewas.


Penerjemah: Gusti Nur Cahya Aryani

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2014