Jakarta (ANTARA News) - Rapat paripurna DPR RI akhirnya menetapkan nama-nama anggota komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) meskipun baru berasal dari lima fraksi dari 10 fraksi di DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, yang bertindak sebagai pimpinan rapat paripurna hingga mengetukkan palu tanda ditutupnya rapat paripurna DPR RI yang mengagendakan penetapan anggota komisi dan AKD, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa, belum ada tambahan fraksi lainnya.

Kelima fraksi yang sudah menyerahkan daftar nama anggotanya untuk mengisi 11 komisi dan AKD adalah Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), serta Fraksi Partai Demokrat.

Sementara, lima fraksi lainnya yang belum menyerahkan nama-nama anggotanya untuk mengisi komisi-komisi dan AKD adalah, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai NasDem, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Fraksi Partai Hanura, serta Fraksi partai Persatuan Pembangunan (FPPP).

Setelah skors dilanjutkan kembali, Taufik Kurniawan kemudian meminta petugas untuk menampilkan nama-nama anggota komisi dan AKD melalui layar "over head projector" (OHP) agar bisa dilihat bersama-sama oleh seluruh anggota DPR RI yang hadir.

Menurut Taufik, pada saat skors pimpinan Dewan banyak menerima masukan dari pimpinan fraksi dan saat ini akan ditampilkan nama-nama anggota komisi dan AKD yang sudah diterima oleh pimpinan.

Pada saat itu, Taufik meminta lima fraksi lainnya yang belum menyerahkan nama anggotanya untuk mengisi komisi dan AKD untuk menyerahkannya.

Politisi dari PDI Perjuangan dan PPP meminta rapat paripurna ditunda sampai Rabu (22/10) untuk melakukan lobi-lobi.

Namun, sampai rapat paripurna ditutup kelima fraksi belum menyerahkan nama-nama anggotanya untuk mengisi komisi dan AKD.

Rapat paripurna penetapan nama-nama anggota komisi dan AKD itu dibuka oleh Taufik Kurniawan pada pukul 14:45 WIB dan kemudian diskors sekitar pukul 15:30 WIB untuk melakukan lobi-lobi antarfraksi.

Rapat paripurna kemudian dibuka kembali pada sekitar pukul 16:00 WIB hingga ditutup pada pukul 16:50 WIB.

Pewarta: Harahap
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014