Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 7.284 personel yang akan diturunkan untuk penanganan bencana banjir di wilayah ibu kota negara itu.

"Seluruh personel tersebut akan diterjunkan ke seluruh daerah-daerah banjir yang terjadi di ibu kota ini," kata Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Saptastri Ediningtyas Kusumadewi di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, ribuan personel kebersihan yang disiapkan instansi tersebut merupakan bagian dari kesiapsiagaan untuk penanganan bencana banjir yang bisa saja terjadi pada akhir atau awal tahun.

Saptastri menyebutkan ribuan personel penanganan banjir DKI Jakarta itu terdiri dari 525 orang khusus kesiapsiagaan banjir, 2.443 orang di UPK Badan air taman dan jalur hijau, 920 orang di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Pusat dan 1.062 orang di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara.

Kemudian 688 orang di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, 776 orang di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Selatan dan 870 orang di Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk peralatan kebersihan yang disiapkan dalam kesiapsiagaan bencana yakni truk sampah, toilet berjalan, truk tangki air kotor, truk tangki air bersih dan alat berat.

Sedangkan untuk sarana kebersihan yang disiapkan dalam kesiapsiagaan bencana banjir adalah kantong plastik, pengki, cangkrang, loa dan sekop.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan musim hujan akan mengguyur Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pada bulan Desember hingga Februari.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014